3 metrics google analytics

3 Metrics Google Analytics Ini Dapat Merubah Bisnis Anda!

Keberhasilan bisnis online apa pun bergantung pada seberapa cepat Anda melakukan analisa dan optimasi data pada sebuah website. Dengan data yang didapat tersebut Anda jadi mengetahui insight penting untuk melakukan perencanaan marketing kedepannya.

Kabar baiknya adalah Anda akan mempelajari 3 metrics Google analytics paling penting untuk mempercepat analisis data dan pengoptimalan situs web Anda. Sangat disarankan untuk diterapkan pada bisnis online Anda sehingga pertumbuhan bisnis dapat dengan cepat meningkat berdasarkan data yang valid dan tidak mengira-ngira saja.

Berikut adalah 3 metrics Google analytics paling penting yang perlu Anda setting:

1. Goal.

Menurut pengalaman saya, Goal adalah salah satu fitur paling penting yang disiapkan di Google Analytics.

Goal sangat diperlukan untuk melihat laporan konversi Anda. Laporan mencakup jumlah mutlak konversi, rasio konversi per goal, dan nilai goal.

Berikut ini adalah panduan singkat 10 langkah tentang cara setting destinasi “Goal”:

  1. Klik Admin.
  2. Klik Goal.
  3. Klik New Goal.
  4. Ketik Nama goal Anda.
  5. Pilih Destinasi sebagai jenis goal Anda.
  6. Klik Berikutnya
  7. Di bawah Detail Goal, tetapkan url destinasi Anda (Misal: domain.com/purchase).
  8. Pilih Value/Nilai> Tentukan nilai konversi dari goal Anda.
  9. Pilih Funnel> Aktif (jika Anda memiliki beberapa funnel yang diperlukan yang mengarah ke konversi Anda).
  10. Klik Buat Goal dan selesai!

Catatan 1: Klik pada goal verifikasi untuk memverifikasi goal Anda berdasarkan data historis.

Catatan 2: Jika Anda tidak menetapkan nilai konversi tidak jadi soal, settingan itu hanya optional.

2. Segmen Khusus.

 

Google Analytics memiliki fitur yang disebut segmen. Ada segmen default dan khusus.

Cara Setting Segmen Khusus.

Anda dapat mengatur segmen khusus melalui menu admin dan menu report.

Segmen Default.

Secara default, Google Analytics telah memasang 22 segmen, salah satunya sama dengan semua sesssion.

Dengan mengarahkan kursor ke segmen dengan mouse Anda, Anda dapat melihat detailnya. Sebagai contoh:

Made a Purchase = segmen di mana, pada 1 session, setidaknya ada satu transaksi. Segmen ini termasuk sesssion dengan pembelian.

3. Campaign Tracking.

Data Anda tidak memiliki arti apa pun jika Anda belum menerapkan campaign tracking dengan cara yang benar.

Secara default, Google Analytics mengenali tiga channel. Pada tingkat medium adalah:

  • (None): Direct traffic melalui bookmark atau langsung mengetikkan URL
  • Referral: Traffic yang datang dari domain lain.
  • Organik: Organik traffic melalui mesin pencari.

Google Analytics membedakan 5 parameter untuk tujuan campaign tracking:

  • Campaign Source (utm_source)
  • Campaign Medium (utm_medium)
  • Campaign Term (utm_term)
  • Campaign Content (utm_content)
  • Campaign Name (utm_campaign)

Google Analytics menyarankan untuk selalu menggunakan parameter Source, Medium, dan Campaign Name untuk melakukan tracking “unknown” links.

Setiap tautan yang tidak termasuk dalam salah satu dari empat kategori default harus ditracking secara terpisah.

Cara Setting Campaign Tarcking.

Jika Anda hanya memiliki beberapa tautan/url yang perlu ditracking, sangat di sarankan menggunakan Google URL Builder.

Analisis menyeluruh atas data Website di Google Analytics adalah suatu keharusan untuk medapatkan insight data yang benar-benar valid.

Yang lebih penting, pastikan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang benar-benar penting bagi kesuksesan bisnis online Anda dan pastikan untuk mengotomatisasi semuanya.

Terapkan 3 metrics Google Analytics dalam postingan ini untuk meningkatkan analisis data dan pengoptimalan pada website Anda.

Jika Anda masih bingung, silahkan akses “Video Training Analisa Data & Tracking Website” disini (GRATIS!).

 

4 cara meningkatkan traffic toko online

4 Cara Meningkatkan Traffic Toko Online

Toko online kebanjiran traffic memang tidak mudah dilakukan, apalagi toko online Anda masih baru dan belum banyak orang yang tahu. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar toko online Anda mendapat traffic yang banyak, berikut beberapa cara dan tips yang bisa Anda coba dibawah ini.

1. Tentukan Buyer Persona.

Identifikasi dan tentukan pelanggan ideal Anda. Tanpa ciri atau kriteria pelanggan ideal, Anda akan sangat sulit untuk menarget pasar. Buyer persona merupakan cara menentukan target pelanggan.

Setelah Anda menentukan buyer persona atau target pelanggan, pikirkan apa saja hal-hal yang dapat membuat orang-orang tersebut merasa senang, sedih, takut, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana Anda bisa membuat hidup mereka menjadi lebih mudah dijalani. Dalam menentukan pelanggan ideal, usahakan untuk menghindari target yang bersifat terlalu umum, misalnya seperti “ibu-ibu” atau “kaum millennial”. Semakin spesifik target pelanggan, Anda bisa lebih mudah mengambil langkah awal untuk aktif mencari pengunjung toko.

2. Membuat Promosi Khusus.

Gencar melakukan berbagai macam promosi untuk toko yang baru Anda dirikan, salah satu cara terbaik yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan kupon diskon ataupun voucher belanja.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menangkap alamat email dari setiap pengunjung. Jadi, nantinya Anda bisa melakukan segmentasi dari orang-orang yang sudah menggunakan kupon diskon tersebut. Dan selanjutnya Anda pun bisa melakukan follow-up melalui email dengan mengirimkan info produk terbaru yang Anda jual.

3. Gunakan Social Media.

Marketing adalah tentang menjalin hubungan dengan orang-orang yang akan menjadi pelanggan Anda. Nah, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah platform yang tepat untuk melakukannya.

Mulailah dengan membuat Facebook Page untuk bisnis Anda. Pastikan Facebook Page tersebut memiliki berbagai informasi akurat tentang lokasi dan jam operasional toko Anda. Jangan lupa untuk memasang foto profil dan foto cover untuk menunjukkan brand bisnis Anda.

Jika Anda menjual produk seperti pakaian, sepatu, atau perhiasan, membuat akun Instagram juga merupakan langkah bagus. Ambil foto produk Anda dan post menggunakan tone warna yang mencerminkan bisnis Anda. Sedangkan, Twitter lebih cocok digunakan untuk menjalin percakapan dengan para pelanggan, seperti menjawab pertanyaan atau merespon feedback. Apa pun akun media sosial yang Anda buat, pastikan Anda selalu konsisten update dan aktif mengelolanya.

4. Beri Reward kepada Pelanggan Loyal.

Toko Anda memang terus membutuhkan pelanggan baru. Namun, jangan sampai Anda mengabaikan para pelanggan lama. Jika berhasil melayani mereka dengan baik dan sesuai kebutuhan, mereka pasti akan terus melakukan pembelian ulang. Merasa puas, mereka pun merekomendasikan toko Anda ke orang lain sehingga Anda pun kebanjiran pengunjung baru.

Untuk itu, Anda bisa memberi reward kepada para pelanggan loyal. Banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur loyalty program yang bisa Anda gunakan didalam software Invent dan Anda bisa juga membuat email list berisi para pelanggan loyal tersebut, lalu kirimkan email dengan pesan yang dipersonalisasi.

Nah cobalah ke-4 cara diatas agar toko online Anda tidak sepi, jika Anda ingin mempelajari beberapa metode dan teknik untuk memaksimalkan omset toko online agar terus naik silahkan Anda download ebook GRATIS tentang “Formula Menaikan Omset Toko Online” disini sekarang.

Dan jika Anda memiliki saran serta masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini…

5-ide-bisnis

5 Ide Bisnis dengan Potensi Penghasilan Tinggi

Pada era digital saat ini banyak sekali peluang bisnis yang dapat dijadikan pilihan. Bahkan, sebagian besar bisnis yang dijalankan secara digital dapat dijalankan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Bagi Anda yang mau mulai terjun ke dunia bisnis, berikut ini 5 pilihan ide bisnis yang bisa Anda tekuni saat ini juga.

1. Desain Grafis.

Industri kreatif merupakan salah satu industri yang terus naik akhir-akhir ini. Banyaknya permintaan desain grafis dari berbagai kalangan merupakan bukti kalau bisnis ini sedang booming.

2. Bisnis kuliner.

Bisnis kuliner bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda saat ini begitu banyak bermunculan kedai-kedai baru yang menawarkan sajian yang unik dan berbeda.

3. Web design.

Web design merupakan salah satu pilihan bisnis yang cukup menggiurkan karena sifatnya yang lebih fleksibel. Web design dapat dipelajari oleh semua orang banyak sekali tutorial tentang web design yang dapat Anda lihat di youtube untuk dijadikan referensi. Terbukti banyak web designer profesional yang tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi. Bayaran yang bisa Anda terima pun bervariasi tergantung kerumitan website yang diinginkan.

4. YouTuber.


Cara untuk memulai menjadi seorang youtuber tidak terlalu sulit. Cukup sajikan konten yang bermanfaat, lucu, mendidik, informatif dan dapat juga dengan merekam kegiatan jalan-jalan hanya dengan smartphone lalu upload ke youtube.

Anda pun bisa menyajikan beberapa jenis konten dalam channel YouTube Anda. Anda bisa membuat konten mengenai traveling, panduan & tips kecantikan, vlogging, atau bahkan review produk.

5. Toko online/Ecommerce Store.

Era digital saat ini menjadi eranya toko online, dengan pertumbuhan transaksi online yang terus meningkat toko online mulai menjamur dimana-mana, brand-brand baru pun bermunculan dengan menawarkan produk-produk yang bermacam-macam.

Anda bisa memulai bisnis toko online yang menjual hal-hal yang sering dicari oleh masyarakat seperti makanan ringan, pakaian, aksesoris gadget, hijab, gamis, atau apapun. Apabila modal Anda terbatas maka Anda juga bisa menjadi reseller atau dropshipper.

Jika Anda ingin tahu cara agar toko online mendapatkan penjualan dengan omset yang tinggi, silahkan pelajari formula nya disini.

Itulah ke-5 ide bisnis yang patut Anda coba sekarang ini dan pilihlah salah satu untuk Anda coba dan tekuni. Jika Ada saran dan masukan atau ingin request tentang topik apa yang mau dibahas silahkan tinggalkan komentar dibawah…

kelemahan toko online

Kelemahan Toko Online Yang Perlu Anda Ketahui!

Modal untuk membuat 1 buah toko online tidaklah terlalu besar, biasanya untuk membuat toko online hanya diperlukan biaya dengan kisaran 500ribu sampai 1jt saja per tahunnya untuk menyewa sebuah domain dan hosting.

Untuk memulai, tidak harus memproduksi barang-barang buatan atau produksi sendiri karena produk orang lain pun bisa dengan mudah dijual, contohnya toko online aksesories dengan sistem dropship di mana penjual bisa menjadi reseller.

Target pasar bisa menjadi jauh lebih luas dan dalam menjalankan sebuah bisnis online juga tidak harus terikat oleh tempat dan waktu, dengan toko online Anda dapat jalankan kapan pun Anda mau, dan di manapun Anda berada.

Transaksi penjualan bisa dimonitor dengan baik, apalagi sekarang sudah ada aplikasi Invent yang bisa dimanfaatkan untuk megelola data penjualan serta lebih mudah dalam membuat dan menyusun laporan keuangan pada sebuah toko online.

Namun ada beberapa kelemahan dari sebuah toko berbasis online yang dipandang oleh para pembeli, seperti di bawah ini:

– Barang kadang sampainya lama, apalagi kalau mengikuti sistem PO atau Pre-Order.
Rawan sekali akan penipuan karena tidak semua bisnis online terpercaya.

– Diperlukan pengecekan lebih teliti untuk bisa melihat apakah si penjual bertanggung jawab atau sekadar bermain-main alias menipu.

– Tidak bisa mengecek keaslian dan kondisi barang yang asli.

Karena saking banyaknya toko-toko online yang ada di Indonesia, maka jangan heran kalau produk yang sama dengan yang sudah ada, tentu akan sulit bersaing. Jika ditambah dengan harga yang kemahalan, maka akan sulit untuk bisa mendapat banyak pelanggan.

Ada beberapa keuntungan juga bagi para pembeli dengan adanya berbagai toko atau bisnis online dengan produk yang mereka sukai, tentu akan menjadi satu hal yang menguntungkan.

Pembeli lebih gampang berbelanja karena akses website toko online Anda yang mudah dioperasikan dan responsive.

Lebih banyaknya pilihan produk atau barang yang Anda jual, dengan demikian mudah dicari oleh calon pembeli.

Di toko online Anda, pembeli dapat melakukan perbandingan harga dan spesifikasi antara 1 produk dengan produk lainnya.

Harga barang yang ditawarkan toko online biasanya jauh lebih murah dari yang bisa kita dapatkan di mall.

Tentunya pada setiap bisnis apapun selalu ada sisi kelemahannya dan sudah menjadi tugas bagi setiap pelaku bisnis untuk memperbaiki titik kelemahan yang ada. Jika Anda sudah memiliki sebuah toko online dan ingin mendapatkan hasil maksimal dengan cara melakukan strategi marketing dan optimasi, silahkan pelajari 5 formula toko online yang dapat Anda download ebooknya disini (GRATIS!).

Aplikasi Point Of Sales Untuk Bisnis Masa Kini

Pentingnya Aplikasi Point Of Sales Untuk Bisnis Masa Kini

Pada saat bisnis Anda mulai terlihat kemajuannya dan semakin berkembang pesat, pada saat itulah Anda akan mengalami kesulitan ketika harus mengatur proses penjualan yang dilakukan dengan cara manual belum lagi jumlah staff atau karyawan yang Anda miliki sangat terbatas.

Solusi yang biasanya dipakai oleh para pemilik usaha adalah dengan menggunakan aplikasi point of sales. Istilah point of sales atau POS tersebut tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda?

Aplikasi point of sales memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang kemajuan sebuah bisnis dan dapat membantu proses penghitungan penjualan dan pencatatan keuangan menjadi lebih praktis dan efisien.

Membuat sebuah catatan dan laporan keuangan serta penjualan menjadi hal yang paling vital dalam menjalankan sebuah bisnis. Anda dapat mengetahui secara rinci perkembangan bisnis dengan adanya laporan dan catatan yang terstruktur. Disamping itu Anda dapat dengan mudah merancang strategi marketing kedepannya dengan mengacu data yang Anda miliki.

Dampak buruk mungkin saja terjadi jika Anda melakukan pencatatan yang keliru dan tidak akurat bahkan sering terjadi kebangkrutan akibat tidak memiliki data yang valid pada bisnisnya. Karenanya aplikasi point of sales bisa menjadi solusi untuk bisnis dimasa kini.

Apa itu aplikasi point of sale (POS)?

Aplikasi point of sale merupakan sebuah software yang berbasis web based untuk membantu proses pencatatan penjualan dan laporan keuangan pada bisnis Anda, Tidak hanya itu Anda juga bisa mendapatkan data analisis semua laporan secara real time hanya dalam 1 dashborad.

Invent merupakan salah satu aplikasi point of sale yang dapat membantu pebisnis seperti Anda. Dengan fitur-fitur yang keren seperti fitur chat, cek ongkir dan dengan tampilan yang menarik serta adanya fitur manajemen inventory sangat membantu pemilik usaha dalam menghindari kejadian kehabisan stok barang.

Menyadari pentingnya peran pelanggan sebagai ujung tombak kesuksesan bisnis, Invent juga menyediakan fitur pengelolaan data pelanggan serta fitur loyalty program yang dapat berguna untuk membuat pelanggan Anda menjadi betah beli dari Anda. Disamping itu Anda juga bisa menyimpan profil serta data pembelian pelanggan, dengan data tersebut dapat dimanfaatkan untuk menganalisis kebiasaan pelanggan untuk Anda jadikan insight dalam membuat marketing plan agar bisnis menjadi lebih baik.

Berbagai macam fitur dalam aplikasi Invent POS dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan produktivitas serta meningkatkan profit bisnis Anda.

Jika Anda ingin mencobanya, silahkan lihat informasi detailnya disini sekarang!

pedagang baju anak

Catatan Pedagang Pakaian Anak-Anak Online

Melihat usaha yang kita rintis terus tumbuh merupakan hal yang membuat kita terus bersemangat untuk mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

Jadi ingat waktu dulu saat baru mulai usaha pakaian anak-anak (SeiraKidsWear), dari pagi sampai sore kami sibuk membalas chat yang masuk dan mulai packing satu persatu setiap pesanan dan mencatatnya dengan buku seadanya.

Kadang sering terjadi kesalahan-kesalahan dalam proses pengiriman barang karena kita tidak tahu pesanan mana saja yang harusnya dikirim duluan dan pesanan mana yang harusnya dikirim belakangan. Hal seperti ini yang bikin customer banyak yang complain bahkan ada juga yang kesal sampai minta dibatalkan dan minta uangnya dikembalikan karena kelamaan kirim barang.

Setelah orderan udah mulai meningkat tiap harinya, akhirnya kita mulai merapihkan pencatatan dengan menggunakan Microsoft Exell dan Ms.Word. Lumayan sedikit agak tersusun rapih dari pada harus nulis manual pake buku, tapi masih aja ada kendala karena harus tahu format yang benar dalam membuat kolom dan kadang harus berulang-ulang merubah kolom agar keliatan rapih.

Belum lagi harus input satu persatu barang dengan beda ukuran, warna, harga, dan jumlah stoknya. Ga semudah yang dibayangkan ternyata lumayan bikin kepala cenut-cenut, apalagi pernah sampai kelupaan menyimpan file yang udah disalin begitu banyak dan harus ngulang lagi dari awal, kebayang ga sih stressnya seperti apa.

Secara kebetulan ketemu dengan teman yang sama-sama berjualan online dan ternyata apa yang dia alami sama persis permasalahannya dan akhirnya dikasih tau tentang aplikasi yang dapat ngebantuin masalah itu semua yaitu INVENT.

Setelah mencoba melihat isi didalam aplikasinya seperti melihat semua jawaban dari masalah yang saya alami dan benar-benar sebuah solusi untuk pedagang online seperti saya. Diantara fitur yang ada, yang paling menarik perhatianku adalah:

#1. Mengelola Stok Barang.

Ini merupakan solusi banget buat saya karena pada awal-awal merintis menghitung jumlah stok barang hingga menentukan barang mana saja yang harus dikirim sering banget terjadi kesalahan yang akhirnya berujung dengan complain oleh customer.

Waktu saya liat fitur ini bener-bener mempermudah kerjaan saya, jadi ga bakalan takut kelupaan nyimpan file lagi dan semua stok barang bisa disusun secara rapih tinggal klak klik aja ga pake ribet lagi bikin-bikin kolom dan mikirin format penyusunannya.

#2. Laporan Penjualan.

Fitur yang satu ini bener-bener keren dengan melihat laporan penjualan pada aplikasi INVENT kita bisa melihat produk mana aja yang laris, siapa aja reseller yang paling banyak penjualannya, siapa aja customer yang sering belanja, dan dari kota mana aja pelanggan-pelanggan kita. Menurutku fitur ini sangat powerful sekali karena kita dapat analisis untuk membantu menerapkan strategi penjualan selanjutnya, misalnya produk yang belum laku bisa dipromo-in, reseller paling banyak penjualannya bisa dikasih bonus, kota yang belum banyak penjualannya bisa di iklankan kembali.

#3. Semua Data Jadi Rapih.

Udah ga usah pusing lagi corat coret buku dan nyalin ke Words/Exell cuma bikin ribet dan harus berkali-kali harus update untuk merapikan database pelanggan, reseller, data order dan omset. Tapi kalau di INVENT karena sudah tersistem, jadi semua database diatas bisa kita cek kapan aja dan dimana aja. Semuanya udah dirapihin oleh aplikasi INVENT dan enaknya semua dapat diakses hanya didalam satu dashboard.

Ga cuma itu aja, masih banyak lagi fitur baru seperti : Cek Ongkir, Chat (Line, Messenger, Telegram), Management Staff, Laporan income, dll.

Menurutku pribadi INVENT ini membantu banget untuk usaha yang sudah cukup berkembang apalagi yang sudah punya admin sendiri, sudah punya reseller aktif, intinya usahanya udah ga dikelola sendirian. Kalau sudah ga dikelola sendiri kan pasti butuh pencatatan data orderan lebih jelas. Selain itu berbagai fiturnya bisa meringkankan banyak pekerjaan banget seperti yang aku jelaskan diatas. Harganya murah banget, untuk biaya per tahun cuma 497 ribu atau kurang dari Rp.1.500 per hari! Murah banget kan dengan fitur yang begitu banyak dan bener-bener bisa ngebantu bisnis kita. Kalo mau liat-liat seperti apa itu INVENT bisa cek disini.

Wahyuni – SeiraKidsWear
Jambu Dua, Bogor

optimasi produk

Cara Optimasi Produk Untuk Meningkatkan Penjualan

Menurut Anda produk apa yang wajib dioptimasi secara maksimal? Mana yang akan Anda pilih diantara 2 ini:

A. Produk dengan penjualan terlaris?
B. Produk yang kurang laris?

Jika jawaban Anda A maka Anda salah besar! Kenapa bisa salah?

Produk yang sudah laris tanpa perlu di optimasi sudah otomatis dapat mengurangi stok barang yang menumpuk dan melancarkan arus distribusi.

Nah…jika Anda memiliki produk yang kurang laris dengan stok barang yang masih banyak, produk inilah yang wajib Anda optimasi agar alur distribusi menjadi lancar dan sudah pasti keuangan pada bisnis Anda akan menjadi lancar.

Lalu bagaimana cara optimasi produk yang kurang laris?

1. Mengetahui Data Penjualan Produk.

data penjualan

Dengan menggunakan sebuah aplikasi pencatatan dan pengelolaan data, Anda dapat mengetahui secara detail produk mana saja yang laris dan yang tidak laris.Serta mengetahui varian produk mana saja yang paling banyak terjadi penjualan. Dan Anda dapat melihat data statistik penjualan produk secara visual dengan mudah.

 

2. Merubah Tampilan Kemasan Produk.

kemasan produk

Dengan merubah tampilan kemasan produk yang kurang laris akan memberikan dampak pada peningkatan penjualan karena dapat menciptakan kesan berbeda dari nilai produk itu sendiri.

 

3. Merubah Strategi Marketing.

strategi marketing

Dengan merubah strategi pemasaran seperti merubah target pasar yang tadinya tertuju kepada audience tertentu misalnya dari target gender wanita menjadi ke gender pria dengan memberikan angle (Sudut pandang) yang berbeda. Perlu diingat! Optimasi hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki data yang benar-benar valid.

Tanpa data akan sangat sulit sekali dalam melakukan optimasi dan perencanaan marketing kedepannya.

Jika Anda ingin mengetahui data produk mana saja yang laris dan tidak laris pada bisnis Anda, gunakan software Invent yang dapat membantu mengelola data produk sehingga produk yang Anda jual dapat di optimasi dengan mudah agar meningkatkan penjualan pada bisnis Anda.

solusi kelola stok barang

Solusi & Cara Kelola Stok Barang Toko Online

 

Pebisnis toko online biasanya memiliki stok barang dan menginginkan pengelolaan yang rapi agar tidak pusing dalam menghitung ketersediaan barang, kesalahan order, atau salah dalam menghitung stok.

Mengelola stok barang yang paling tepat saat ini seharusnya dilakukan dengan sistem dan cara yang terstruktur dengan aplikasi yang tepat juga.

Kita semua tahu dalam melakukan inventory barang itu kadang susah susah gampang. Walaupun sekilas terlihat mudah, tapi sebenarnya untuk mencapai hasil yang benar dan akurat diperlukan cara penghitungan yang cukup teliti. Nah, Apa sih masalah yang bikin pusing dalam mengelola stok barang? Yuk kita bahas solusinya..

Biasanya kita kurang memahami sistem persediaan barang. Banyak yang kurang mengerti sistem dan penghitungan ini sehingga sering sekali terjadinya barang yang sudah tidak layak, expired dan lain lain. Akibatnya biaya akan bertambah besar dab berdampak pada kerugian.

Kesalahan pencatatan stok barang sering terjadi biasanya karena..

  • Sistem pengendalian stok barang tidak ada.
  • Tidak menggunakan aplikasi pengelolaan stok barang.

Dengan mengetahui point dari masalah tersebut kita dapat breakdown apa saja solusi dan bagaimana cara pengelolaannya:

  1. Buatlah perhitungan dan pencatatan stok barang yang rapi dan matang agar stok dapat diketahui jika habis ataupun berlebih. Dengan membuat perhitungan dan pencatatan ini kita bisa atur jumlah minimum stok barang di gudang dan menjadi acuan saat melakukan pemesanan barang.
  2. Melatih tenaga profesional agar selalu teliti dalam menghitung stok barang.
  3. Buat SOP untuk setiap kegiatan operasional dan pengelolaan stok barang.
  4. Gunakan alat bantu software yang dapat membantu semua kebutuhan pencatatan dan laporan stok barang sampai dengan kontrol stok dalam bentuk grafik analisis.

Biasanya alat bantu software untuk pencatatan stok barang sudah dilengkapi dengan fasilitas pencatatan data inventory barang.

Dengan demikian, mengelola stok barang tidak akan membuat pebisnis toko online menjadi stress dan pusing lagi. Dan pada akhirnya, semua menjadi terorganisasi, rapi, mudah dan bisnis pun berjalan tanpa hambatan.

Informasi tentang software yang dapat membantu pencatatan dan pengelolaan stok barang dapat Anda lihat disini

3 strategi

3 Strategi Sukses Google, Amazon, Facebook, Apple Yang Perlu Anda Ketahui!

Tahukah Anda kenapa Google, Amazon, Facebook, Apple, Uber, Microsoft menjadi besar dan maju pesat meninggalkan para pesaingnya? karena mereka memiliki data yang memberikan beragam bisnis insights sehingga dapat menghasilkan dan merancang marketing plan yang tepat sasaran.

Bisnis apapun itu baik online maupun offline, pasti semuanya menghasilkan data. Banyak sekali data yang dihasilkan dari sebuah bisnis seperti data transaksi, data customer, data produk, hingga data keuangan.

Data merupakan aset yang paling berharga dari sebuah bisnis bahkan pada salah satu ulasan di situs The Economist menyebutkan bahwa sumber paling berharga di dunia saat ini bukan lagi minyak tetapi data.

data

image: Quora

Ada beberapa strategi yang wajib dijalankan pada bisnis online yang sedang Anda jalankan agar dapat terus berkembang dan tidak kalah dengan kompetitor hanya dengan melakukan pengelolaan data yang benar.

Strategi ini akan membuat data yang Anda kelola memberikan insights baru bahkan informasi penting mengenai buyer persona dan dari mana saja customer Anda sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan optimasi jangka panjang kedepannya.

Biasanya pebisnis online pemula jarang sekali memperhatikan hal yang paling penting ini sehingga banyak yang bisnisnya sulit perkembang bahkan hanya jalan ditempat.

Bagaimana caranya agar bisnis tetap bertahan dan berkembang untuk jangka panjang. Lakukan 3 strategi di bawah ini:

1. Mengelola Data Transaksi Pembelian.

Pada saat Anda menjual produk misalnya melalui media Facebook, Instagram, ataupun dengan website sendiri secara sederhana, tentunya Anda akan mencatat produk apa yang dibeli, tanggal berapa produk tersebut dibeli, apa ukurannya, berapa jumlahnya, dan berapa rupiah total penjualannya.

Agar data dapat dikelola dengan baik, ada baiknya lakukan pencatatan dengan menggunakan media seperti Google spreadsheet, Microsoft exell, dll.

Jika Anda tidak mau ribet dan buang waktu dalam mengelola data transaksi secara realtime Anda dapat menggunakan software seperti Invent POS (Lebih praktis & hemat waktu).

2. Kelola Penyimpanan Data

Dimana Anda simpan data yang sudah Anda susun dan kelola? Apakah di komputer dengan folder terpisah? atau di tempat penyimpanan lain seperti Dropbox atau Google Drive.

Dan yang paling penting dan dipertimbangkan adalah keamanan. Pastikan data yang Anda kelola harus aman.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah siapa saja yang dapat mengakses data bisnis Anda? Karena data transaksi pembelian dan data pelanggan bersifat rahasia dan merupakan kunci dari kinerja toko online Anda, pastikan Anda memiliki kendali atas siapa saja yang dapat melakukan akses pada data ini.

Solusi bagi Anda yang ingin menyimpan data dan mengelolanya agar lebih aman, Anda dapat menggunakan software Invent. Dengan menggunakan Invent Anda juga dapat memegang kendali atas hak akses kepada siapa saja dari staff atau tim Anda yang melakukan akses pada data yang Anda kelola.

3. Analisa Data.

Merancang sebuah marketing plan dengan melakukan analisa data setiap bulan merupakan hal yang sangat menentukan perkembangan sebuah bisnis.

Anda dapat melakukan perbandingan antara transaksi penjualan di bulan lalu dengan bulan ini. Analisa produk apa saja yang paling banyak dibeli oleh customer Anda?Melakukan analisa dapat memberikan Anda informasi penting dan insight terbaik untuk perencanaan bisnis selanjutnya.

Analisa data secara detail dari data-data yang di miliki dapat meningkatkan perkembangan bisnis secara menyeluruh sehingga Anda dapat membidik segmen tertentu dengan biaya lebih minim dibandingkan mengeluarkan biaya lebih besar untuk kategori segmen lebih luas.

Mulailah membuat marketing plan pada bisnis Anda dengan melakukan analisa data sekarang juga, gunakan Invent untuk memulai analisa data pada bisnis Anda dengan sangat mudah dan cepat.

invent metric

Ukur Kinerja Penjualan Toko Online Anda Dengan 5 Metrik Penting Ini!

Kenalkan, ini Ibu Rina, pebisnis toko online yang berjualan hijab dan aksesorisnya. Usaha yang dirintis sejak 3 tahun lalu ini, kini mendulang omzet penjualan setidaknya 20-30 juta per bulan. Dengan meningkatnya penjualan di toko online dan juga permintaan stok dari reseller, Ibu Rina mengaku mulai kewalahan soal mengukur performa/kinerja toko onlinenya. Walaupun saat ini Ibu Rina sudah memiliki 3 orang karyawan tetap dan beberapa karyawan paruh waktu, beliau mengaku masih kesulitan dalam mengelola pelanggan tetap, mengukur efisiensi produksi, dan pembelanjaan bahan baku.

Apakah Anda memiliki pengalaman yang senada dengan Ibu Rina? Metrik apa saja yang harus dimonitor untuk mengukur performa toko online Anda?

Sebelum terlalu pusing melihat data-data tabel pivot Excel, berikut 5 metrik mendasar yang paling penting untuk pebisnis toko online seperti Anda:

1. Jumlah pelanggan
2. Jumlah produk yang terjual per satu pelanggan
3. Penjualan Rata-rata
4. Jumlah produk terjual per transaksi
5. Jumlah transaksi dalam satu periode

Yuk, kita lihat satu per satu metrik yang sudah disebut di atas.

1. Jumlah Pelanggan

Pelanggan adalah satu-satunya sumber yang dapat menghasilkan pendapatan untuk toko online Anda. Semakin banyak Anda mendatangkan pelanggan untuk mengunjungi situs toko online Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk berbelanja. Mengukur berapa banyak jumlah calon pelanggan (Leads) dan pelanggan Anda (Customer) sangatlah mudah. Jika Anda pebisnis toko online yang sudah memiliki situs untuk berjualan, biasanya Anda bisa dengan mudah menggunakan Google Analytics Atau menggunakan Software CRM seperti https://invent.id/ yang bakal rilis sebentar lagi.

Di Invent.id Anda juga bisa melihat jumlah pelanggan melalui data transaksi penjualan, mengkategorikan pelanggan anda seperti Reseller, Distributot, Pelanggan biasa, dll. Anda perlu monitor secara berkala, dan bandingkan hasil periode ini dengan periode lalu untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai kinerja penjualan Anda.

2. Jumlah Produk Yang Terjual Per Satu Pelanggan

Setelah Anda memantau informasi mengenai pelanggan, metrik paling penting berikutnya adalah: ada berapa transaksi per 1 pelanggan dalam satu periode tertentu?

Mari kita ambil contoh studi kasus dari toko online Ibu Rina.

Della dan Kiki adalah pelanggan toko online Ibu Rina. Dalam 1 bulan, Della berbelanja di toko online Ibu Rini sebanyak 3x dengan rata-rata pembelian sebesar 150 ribu rupiah per 1x pembelanjaan. Berbeda dengan Della, Kiki hanya berbelanja 1x dalam 1 bulan namun dengan rata-rata pembelian sebesar 500 ribu rupiah per 1x pembelanjaan.

Kira-kira siapakah yang bisa disebut sebagai top spender customer toko online Ibu Rina?

Mengetahui kemampuan daya belanja pelanggan per satu transaksi dalam periode tertentu dapat memberikan Anda gambaran tentang profil pelanggan Anda. Dalam studi kasus toko online Ibu Rina di atas, Kiki dapat kita sebut sebagai top spender atau pelanggan yang memiliki kemampuan daya beli tinggi, walaupun hanya membeli 1 buah barang/produk.

Della, walaupun memiliki kemampuan daya belanja yang lebih rendah, namun memiliki items per transactions yang lebih tinggi dibandingkan Kiki. Tergantung dari target apa yang ingin Anda tetapkan, keduanya adalah metrik yang penting untuk dipantau secara berkala.

3. Penjualan Rata-rata

Tahukah Anda, berapa rupiah rata-rata dihabiskan pelanggan saat membeli barang/produk di toko online Anda? Bagaimana perubahan perilaku berbelanja pelanggan Anda dari waktu ke waktu? Bagaimana cara menghitungnya?

Berikut adalah formula sederhananya:

Average sales order value = Total Penjualan (rupiah) / banyaknya jumlah transaksi

Metrik ini adalah cara mengukur produktivitas penjualan yang paling efektif. Mengapa? Mari kita lihat contoh kisah penjualan hijab Ibu Rina.

Di bulan Juli 2017, Ibu Rina menerima banyak orderan hijab dikarenakan momen menjelang Lebaran. Di bulan itu, Ibu Rina mendapatkan 1,000 transaksi pembelian hijab model A dari pelanggannya. Cukup banyak bukan? Jika 1 hijab dikenakan harga ritel sebesar 50 ribu rupiah, ini artinya Ibu Rina memperoleh omzet penjualan sebesar 50 juta. Rata-rata penjualan per transaksi di bulan Juli 2017 adalah Rp. 50,000.

Bandingkan dengan bulan Juli 2016: orderan hijab B yang diterima hanya sebanyak 750 potong. Saat itu, 1 hijab dikenakan harga 85 ribu rupiah, sehingga omzet yang diperoleh oleh Ibu Rina adalah sekitar 63,750 juta. Rata-rata penjualan per transaksi di bulan Juli 2016 adalah Rp. 85,000

Mana menurut Anda yang lebih menguntungkan?

Secara umum, daya beli rata-rata masyarakat ada batasnya. Sebagai pebisnis, Anda harus peka dengan kondisi pasar dan kemampuan membeli pelanggan/calon pelanggan di target pasar Anda. Menempelkan harga 500 ribu rupiah untuk sepasang kaus kaki katun biasa akan menjadi tidak rasional, jika target pasar Anda memiliki daya beli jauh dibawah harga tersebut. Terkadang, mendapatkan lebih banyak pelanggan dan lebih banyak transaksi merupakan hal terbaik, walaupun nilai rata-rata pembelian menjadi turun.

4. Jumlah Produk Terjual Per Transaksi

Jika Anda sudah menggunakan sistem penjualan tertentu seperti POS, misalnya, data mengenai volume transaksi biasanya tercatat dalam sistem tersebut. Jika volume transaksi Anda rendah, jumlah produk/barang yang dibeli mungkin tidak akan terlihat terlalu signifikan. Sebagai contoh: bandingkan pembelian 1 buah hijab dengan pembelian 1 buah smartphone. Walaupun sama-sama 1 transaksi, pembelian smartphone tentunya memiliki harga (value) yang lebih tinggi.

Saat penjualan rata-rata Anda berada pada X rupiah, namun jumlah produk yang dibeli lebih banyak, dapat kita asumsikan bahwa lebih banyak pelanggan Anda yang membeli produk dengan harga yang lebih murah.

Secara umum, jika rata-rata penjualan Anda naik, jumlah produk yang dibeli juga meningkat. Namun akan lebih baik jika jumlah barang yang dibeli lebih lambat kenaikannya dibandingkan jumlah rata-rata penjualan. Sebagai pebisnis online, tentunya Anda ingin mendapatkan lebih banyak profit, bukan hanya sekedar menjual produk lebih banyak.

5. Jumlah banyaknya transaksi Dalam Satu Periode

Secara definisi, sales count adalah jumlah banyaknya transaksi penjualan produk pada suatu perusahaan dalam jangka waktu periode tertentu.

Kenapa metrik ini penting?

Saat memiliki sebuah bisnis, Anda harus memiliki target jangka panjang. Untuk pebisnis toko online di industri fashion dan aksesoris, ada model tertentu yang harus Anda jual sebelum koleksi untuk musim berikutnya datang. Mengetahui kinerja penjualan toko online Anda dengan menilik total transaksi dalam satu periode, dapat membantu Anda membuat rencana jangka panjang yang lebih terukur. Dengan begitu, Anda dapat melakukan perubahan-perubahan yang dibutuhkan jika Anda sudah mengetahui seberapa jauh pencapaian target transaksi dan pendapatan Anda sebelum periode tersebut berakhir.

Ada banyak metrik atau indikator yang dapat dimonitor oleh pengelola atau pemilik toko online seperti Anda. Namun, 5 metrik yang sudah kami jelaskan di atas adalah indikator utama yang penting untuk Anda jadikan panduan dalam memantau kinerja penjualan toko online Anda.

Dan di aplikasi Invent.id anda dapat memantau semua nya dengan mudah sehingga dapat memberikan anda insight untuk keputusan bisnis dan marketing anda kedepannya.

Ingin lebih mudah memantau kinerja penjualan toko online Anda? Nantikan peluncuran Invent POS untuk slot yang terbatas!

Ingin lebih mudah memantau kinerja penjualan toko online Anda?

Dengan menggunakan Invent anda dapat mengelola Database Penjualan, Pelanggan, Produk, Stok Barang Hingga Laporan Bisnis Anda Secara Realtime Dalam Satu Dashboard Kapanpun Dan Dimanapun...