12 Produk Digital Yang Dapat Anda Jual Secara Online

12 Produk Digital Terpopuler yang dapat Anda Jual secara Online

Umumnya, toko online menjual produk digital atau produk fisik. Menjual produk fisik, baik buatan tangan oleh perancang atau dibuat oleh orang lain dan dijual kembali oleh reseller, sangat dapat diubah dan sangat memakan waktu. Belum lagi kerumitan tambahan seperti proses pengiriman, pelanggan internasional, pajak, undang-undang, impor, manajemen inventaris, dan sebagainya.

Produk digital, bagaimanapun, berada di tempat mereka sendiri. Sebagai perbandingan, produk digital mudah didistribusikan, secara signifikan lebih berkelanjutan, dapat direplikasi secara tak terbatas, dan seringkali lebih mudah untuk dibuat. Dengan satu atau beberapa perangkat, setiap orang mampu membuat produk digital yang layak untuk dibagikan atau dijual. Tidak ada bahan fisik, pabrik, atau staf yang dibutuhkan. Hanya komputer, taburi semangat dan dorongan, dan investasi waktu.

Anda mungkin bertanya-tanya: “Tapi, jenis produk digital apa yang bisa saya buat?” Yah, jenis produk apa yang ingin Anda buat?

Jika Anda memiliki sesuatu untuk dibagikan, Anda dapat mengubahnya menjadi produk digital untuk dijual. Anda dapat berbagi pengetahuan, bakat, pendapat, atau minat Anda yang berpotensi menghasilkan uang.

Dalam artikel ini terdapat daftar singkat produk digital yang dapat Anda jual secara online. Bersiaplah untuk mendapatkan inspirasi produk digital, jadi Anda juga dapat mulai membuat dan berbagi dengan dunia!

1. Buku Elektronik (eBooks)

Buku Elektronik (eBooks)

Buku elektronik telah menjadi salah satu produk digital paling populer baik bagi pembuat kontennya maupun pelanggannya. Produksi buku elektronik relatif sederhana karena hanya membutuhkan unsur teks tertulis dan beberapa gambar yang relevan. Buku elektronik mudah didistribusikan melalui marketplace besar atau toko online buatan sendiri. Mereka mudah digunakan oleh pelanggan dengan membacanya di e-reader, tablet, komputer, dan bahkan ponsel mereka.

Keindahan membuat eBook adalah Anda dapat berbagi hampir semua hal yang Anda ketahui, atau sukai, dalam bentuk teks. Anda dapat mendidik, memberi saran, atau menjabarkan konten yang ada dengan eBook untuk kemudian dijual di situs web Anda.

2. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat Lunak (Software)

Industri perangkat lunak sangat besar dan tumbuh secara konsisten. Industri ini juga sangat berpeluang. Kemampuan setiap orang untuk menulis kode (coding) apapun dapat menghasilkan produk baru yang bermanfaat. Baik itu perangkat lunak desktop, aplikasi berbasis web, template situs web, aplikasi seluler, permainan video, atau apa pun yang didukung oleh kode. Kemungkinannya tidak terbatas, dan pangsa pasarnya besar.

Jika Anda berbicara (atau lebih tepatnya, menulis) bahasa kode, Anda dapat mengembangkan banyak hal untuk berjualan secara online. Apakah Anda memiliki pengalaman dengan aplikasi, plugin, tema, snippets, situs web, atau sesuatu yang sama sekali berbeda, Anda dapat mengubah kode menjadi uang tunai.

3. Video

 Video

Video adalah format yang sangat populer dan efektif untuk menyampaikan informasi secara online. Konten video dapat bersifat mendidik, informatif, atau menghibur. Secara signifikan lebih menarik daripada teks, dan dapat dengan mudah dikonsumsi dengan mengklik tombol putar dan menonton. Banyak orang menyukai video, dan dalam banyak kasus senang untuk membayarnya.

Jika Anda seorang pembicara publik, memiliki minat berbasis visual, atau hanya suka berbagi pendapat Anda di video, dengan meluangkan sedikit waktu mengedit, Anda dapat menjual video secara online.

4. Audio & Musik

Audio & Musik

Audio adalah media yang kuat untuk mengkomunikasikan pesan, dan ada banyak jenis produk audio digital. Orang-orang membayar untuk trek audio yang menghibur mereka, menenangkan mereka, memberitahu mereka, menginspirasi mereka, dan membantu mereka mencapai sasaran bisnis; itu hanya beberapa contoh saja. Produk audio dapat meliputi:

  • Rekaman perkuliahan
  • Sampel musik
  • Audiobook
  • Pelajaran bahasa asing
  • Musik relaksasi
  • Versi karaoke lagu-lagu populer
  • Efek suara yang dapat digunakan kembali
  • Lagu berlirik atau musik instrumental

5. Fotografi

Fotografi

Foto premium berkualitas tinggi adalah salah satu produk digital yang paling banyak dicari saat ini. Konsumen terbesar foto online adalah blogger dan pemilik situs web. Memang benar, bahwa fotografi telah mengakomodasi pasar ke titik di mana beberapa foto dijual dengan harga kurang dari yang sepantasnya (atau mereka diberikan secara gratis).

Namun, untuk gambar yang benar-benar spektakuler (dan bukan beberapa hal yang Anda temukan di situs web stok foto), fotografer tetap dapat meminta harga yang wajar.

Salah satu kejatuhan terbesar situs stok dari perspektif pelanggan adalah tidak mengetahui dengan tepat berapa harga satu atau dua gambar. Dalam beberapa kasus, keanggotaan ke situs stok foto diperlukan. Jika Anda seorang fotografer, Anda dapat memerangi situs stok foto dengan menjual gambar Anda di situs web Anda sendiri dan mematok harga yang Anda inginkan (dan tidak diragukan lagi, harga yang pantas).

Situs web adalah bagian penting dari portofolio seorang fotografer. Menampilkan karya Anda dengan indah sangat penting untuk meningkatkan profil Anda. Dengan harga yang kompetitif, dan gambar berkualitas tinggi, Anda dapat menjual foto independen atau mendapat komisi klien di situs web Anda sendiri dengan lebih baik.

6. Seni Grafis & Digital

Seni Grafis & Digital

Desainer grafis dan seniman digital dapat menciptakan berbagai macam produk yang unik dan bernilai jual. Mulai dari logo, template .PSD, paket ikon, tema PowerPoint, hingga karya seni asli, desainer dapat menerapkan keterampilan mereka dalam berbagai cara untuk menciptakan produk digital untuk dijual.

Desainer grafis dapat membuat dan menjual desain kartu, pola, kuas, latar (background), aset UI, dan banyak lagi. Seniman digital dapat menjual gambar dan sketsa. Seni asli yang telah selesai dengan kualitas luar biasa dapat dihargai lebih tinggi daripada karya desain grafis. Jika Anda dapat memproduksi karya seni secara digital, ada baiknya menjual secara online (dan pastikan untuk melisensikannya dengan benar!).

7. Dokumen

Dokumen

Dokumen paling sering dalam bentuk potongan informasi (seperti laporan industri, manual, atau panduan) atau template (seperti lamaran atau proposal). Ada dokumen yang dilindungi kata sandi, dokumen yang menyertakan file besar, dokumen dengan variasi pada file yang sama (seperti variasi bahasa atau skema warna lain), dokumen yang cocok untuk model berulang (seperti laporan yang direvisi atau diperbarui secara berkala), dan dokumen yang dibagikan secara bebas.

Pernahkah Anda menulis konten di situs web Anda khusus untuk industri atau profesi Anda? Jika demikian, pertimbangkan nilai pengemasan konten Anda dan jual sebagai naskah atau kertas putih sehingga orang lain dapat belajar dari Anda. Anda telah membagikan pengetahuan Anda di situs web Anda. Mengolahnya menjadi dokumen yang berguna untuk dijual akan bermanfaat bagi Anda maupun pengunjung situs Anda.

8. Kursus

Kursus

E-Learning adalah industri yang kaya inovasi, dan tumbuh dengan momentum yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seiring pertumbuhannya, mulai banyak lembaga pendidikan tradisional mengeksplorasi cara-cara baru untuk membuat konten mereka tersedia bagi para pelajar. Untuk program pendidikan yang sudah ada, materi pembelajaran dapat dijual dalam beberapa cara berbeda:

  • Sebagai kursus satu materi yang dapat diunduh
  • Sebagai koleksi beberapa materi kursus yang dapat diunduh
  • Sebagai layanan keanggotaan/berlangganan kursus berbasis web

Kursus sangat sering dijual dengan cara yang sama seperti produk digital lainnya, dan dengan alat yang sama, karena itu produk digital ini relatif mudah dijual. Beberapa program sepenuhnya otonom, sementara yang lain menawarkan interaksi dengan pengajar atau peninjau tugas. Banyak kursus menyediakan beberapa bentuk sertifikasi atau hadiah setelah berhasil menyelesaikan.

Kursus menjadi fondasi yang semakin populer atau komponen pelengkap untuk bisnis online, disebabkan oleh tren konsumen, dan Sistem Manajemen Pembelajaran yang terjangkau dan mudah digunakan. Mereka menawarkan outlet yang menguntungkan bagi siapa saja yang memiliki pengetahuan atau keahlian, dan memungkinkan pendidik menjangkau khalayak luas tanpa dibatasi oleh geografi, teknologi, atau waktu.

9. Jasa & Layanan Profesional

Jasa & Layanan Profesional

Jasa, tentu saja bukan produk sama sekali. Namun, layanan ini sangat umum dijual dengan cara yang sama dengan produk digital. Jasa dan layanan dapat dijual dengan salah satu dari dua cara di bawah ini:

  • Sebagai layanan harga pasti. Biaya layanan telah ditentukan sebelumnya dan diketahui klien sebelum transaksi dengan penyedia layanan.
  • Layanan menyesuaikan kasus/persyaratan tertentu. Pekerjaan yang diperlukan disediakan oleh penyedia layanan, hasilnya ditunjukkan kepada klien, dan biaya disepakati oleh kedua belah pihak.

Dalam dunia eCommerce, batasan antara produk dan layanan menjadi sedikit tidak jelas, dan dalam banyak kasus, klien tidak terlalu peduli dengan perbedaannya. Klien dapat membeli logo pra-produksi sebagai produk dengan harga yang telah ditentukan. Mereka juga dapat membayar harga yang telah ditentukan di beberapa situs agar seseorang mendesain logo yang menghasilkan hasil akhir yang tidak jauh beda/sangat mirip.

Dengan banyak pekerjaan berbasis layanan, Anda menjual waktu Anda sebagai imbalan atas hasil tertentu, bukan produk. Atau, Anda mungkin menjual waktu Anda untuk produk yang sebelumnya dipesan lebih dahulu, produk unik hanya untuk satu klien itu.

Sekarang ini, semua jenis penyedia layanan memilih untuk menjual layanan mereka secara online. Ini adalah segmen lain dari produk digital yang tengah mendapat sorotan. Di bawah ini merupakan daftar singkat beberapa profesi yang bisa menjual layanan online:

  • Desainer grafis
  • Desainer web
  • Copywriter
  • Penerjemah
  • Konsultan
  • Pelatih kebugaran
  • Profesional hukum

10. Tiket

Tiket

Meskipun pasti sangat berbeda dari produk digital lainnya sebab, fakta bahwa tiket (biasanya) hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu, berlaku di beberapa lokasi tertentu, dan (biasanya) ketersediaannya terbatas, tiket sangat umum dijual dengan cara yang sama dengan produk digital lainnya yang telah disebutkan sebelumnya. Pelanggan dapat membuat pilihan, membayar, dan menerima tiket mereka secara independen dan langsung melalui situs web penjual.

Tiket ini dapat membawa mereka ke konferensi, konser, karnaval, dan acara berbasis waktu lainnya, atau dapat juga untuk masuk ke taman hiburan, kebun binatang, dan museum yang mungkin tidak memberlakukan waktu tertentu. Tiket juga dapat dijual untuk pengalaman online seperti webinar, kelas, konferensi online, atau konferensi yang disiarkan langsung.

11. Fonts

Fonts

Typefaces adalah contoh bagus dari produk digital yang selalu populer dan terus mengalami perubahan karena kesukaan pelanggan berubah seiring waktu. Font dapat dibuat dan didistribusikan untuk digunakan di web oleh pembuat situs web, atau untuk digunakan dalam aplikasi desktop seperti Microsoft Word dan Adobe Photoshop. Penggemar font menghargai font baru yang segar, yang berarti memperluas katalog komersial dari waktu ke waktu mungkin diperlukan untuk mempertahankan pendapatan.

12. Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web mirip dengan perangkat lunak, tetapi tidak diunduh dari web. Alih-alih kategori ini mencakup apa pun yang dibayar pelanggan untuk digunakan dalam browser web. Juga disebut bisnis SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan), ini bukanlah produk digital dalam arti sebenarnya, tetapi dapat dijual dan dirasakan sangat mirip produk digital, jadi mereka juga penting untuk diakui.

Banyak pembuat perangkat lunak menemukan diri mereka dihadapkan pada pilihan antara membangun aplikasi SaaS berbasis web, dan program terdistribusi yang dapat diinstal. Contoh dari aplikasi ini termasuk layanan untuk pemasaran email (seperti Drip, MailChimp, Aweber, dan Constant Contact), manajemen kontak (seperti Salesforce, Nutshell, dan Pipedrive), pemantau situs (seperti Pingdom dan Status Cake), manajemen proyek (seperti Basecamp, Asana, Podio, dan Jira), keanggotaan pembelajaran berbasis kursus online (seperti Team Treehouse, Lynda, Skillshare, dan Coursera) dan penyimpanan file (seperti Dropbox, iCloud, Google Drive, dan MediaFire). Karena pelanggan membayar akses untuk menggunakan tools atau layanan yang dibutuhkan, biasanya aplikasi berbasis web memiliki model pembayaran rutin harian, bulanan, dan tahunan.

Jadi, apa yang akan mulai Anda jual?

Banyak perubahan popularitas jenis produk digital tertentu untuk dijual, serta kemajuan teknologi untuk membuat penjualan produk digital jadi lebih mudah. Kursus, layanan, dan aplikasi web terus meningkat. Plugin WordPress, video, dan grafik masih sangat laris di pasaran. Era clip-art dan permainan berbasis Flash tampaknya sudah berakhir. Pastikan Anda melihat bagaimana hal-hal akan berubah selama beberapa tahun ke depan untuk berinovasi dalam bisnis produk digital!

Gunakan software pencatatan otomatis untuk berjualan produk fisik ataupun digital yaitu dengan menggunakan invent.id.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me