3 Metrics Google Analytics Ini Dapat Merubah Bisnis Anda!

3 Metrics Google Analytics Ini Dapat Merubah Bisnis Anda!

Keberhasilan bisnis online apa pun bergantung pada seberapa cepat Anda melakukan analisa dan optimasi data pada sebuah website. Dengan data yang didapat tersebut Anda jadi mengetahui insight penting untuk melakukan perencanaan marketing kedepannya.

Kabar baiknya adalah Anda akan mempelajari 3 metrics Google analytics paling penting untuk mempercepat analisis data dan pengoptimalan situs web Anda. Sangat disarankan untuk diterapkan pada bisnis online Anda sehingga pertumbuhan bisnis dapat dengan cepat meningkat berdasarkan data yang valid dan tidak mengira-ngira saja.

Berikut adalah 3 metrics Google analytics paling penting yang perlu Anda setting:

1. Goal.

 Goal

Menurut pengalaman saya, Goal adalah salah satu fitur paling penting yang disiapkan di Google Analytics.

Goal sangat diperlukan untuk melihat laporan konversi Anda. Laporan mencakup jumlah mutlak konversi, rasio konversi per goal, dan nilai goal.

Berikut ini adalah panduan singkat 10 langkah tentang cara setting destinasi “Goal”:

  1. Klik Admin.
  2. Klik Goal.
  3. Klik New Goal.
  4. Ketik Nama goal Anda.
  5. Pilih Destinasi sebagai jenis goal Anda.
  6. Klik Berikutnya
  7. Di bawah Detail Goal, tetapkan url destinasi Anda (Misal: domain.com/purchase).
  8. Pilih Value/Nilai> Tentukan nilai konversi dari goal Anda.
  9. Pilih Funnel> Aktif (jika Anda memiliki beberapa funnel yang diperlukan yang mengarah ke konversi Anda).
  10. Klik Buat Goal dan selesai!

Catatan 1: Klik pada goal verifikasi untuk memverifikasi goal Anda berdasarkan data historis.

Catatan 2: Jika Anda tidak menetapkan nilai konversi tidak jadi soal, settingan itu hanya optional.

2. Segmen Khusus.

Google Analytics memiliki fitur yang disebut segmen. Ada segmen default dan khusus.

Cara Setting Segmen Khusus.

Anda dapat mengatur segmen khusus melalui menu admin dan menu report.

Segmen Khusus

Segmen Default.

Segmen Khusus

Secara default, Google Analytics telah memasang 22 segmen, salah satunya sama dengan semua sesssion.

Dengan mengarahkan kursor ke segmen dengan mouse Anda, Anda dapat melihat detailnya. Sebagai contoh:

Made a Purchase = segmen di mana, pada 1 session, setidaknya ada satu transaksi. Segmen ini termasuk sesssion dengan pembelian.

3. Campaign Tracking.

Campaign Tracking

Data Anda tidak memiliki arti apa pun jika Anda belum menerapkan campaign tracking dengan cara yang benar.

Secara default, Google Analytics mengenali tiga channel. Pada tingkat medium adalah:

  • (None): Direct traffic melalui bookmark atau langsung mengetikkan URL
  • Referral: Traffic yang datang dari domain lain.
  • Organik: Organik traffic melalui mesin pencari.

Google Analytics membedakan 5 parameter untuk tujuan campaign tracking:

  • Campaign Source (utm_source)
  • Campaign Medium (utm_medium)
  • Campaign Term (utm_term)
  • Campaign Content (utm_content)
  • Campaign Name (utm_campaign)

Google Analytics menyarankan untuk selalu menggunakan parameter Source, Medium, dan Campaign Name untuk melakukan tracking “unknown” links.

Setiap tautan yang tidak termasuk dalam salah satu dari empat kategori default harus ditracking secara terpisah.

Cara Setting Campaign Tarcking.

Jika Anda hanya memiliki beberapa tautan/url yang perlu ditracking, sangat di sarankan menggunakan Google URL Builder.

Analisis menyeluruh atas data Website di Google Analytics adalah suatu keharusan untuk medapatkan insight data yang benar-benar valid.

Yang lebih penting, pastikan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang benar-benar penting bagi kesuksesan bisnis online Anda dan pastikan untuk mengotomatisasi semuanya.

Terapkan 3 metrics Google Analytics dalam postingan ini untuk meningkatkan analisis data dan pengoptimalan pada website Anda.

Jika Anda masih bingung, silahkan akses “Video Training Analisa Data & Tracking Website” disini (GRATIS!).

Training Analisa Data & Tracking Website

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.
Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.
DAFTAR GRATIS
Give it a try, you can unsubscribe anytime.

Leave a Comment