3 Strategi Ampuh Untuk Mempromosikan Website Secara Gratis

3 Strategi Ampuh Untuk Mempromosikan Website Secara Gratis

Website merupakan tempat untuk berekspresi dan berkarya di media digital. Berbagai situs telah muncul di Indonesia mulai dari ilmu pengetahuan, ulasan aplikasi dan website untuk berbisnis online. Situs jual beli di Indonesia biasanya menggunakan domain dot com (.com) dikarenakan domain tersebut yang diberikan gratis.

Tentu Anda sekalian ingin website jualannya ramai pengunjung. Atau memiliki traffic tinggi setiap harinya. Kunjungan atau traffic website ramai memiliki berbagai keuntungan untuk situs jualan kita. Salah satunya adalah memungkinkan untuk memperoleh Adsense dari Google karena tingginya traffic di website Anda. Selain itu, tingginya tingkat kunjungan di website atau situs jualan Anda meningkatkan kemungkinan barang atau produk yang Anda pasarkan terjual laris.

Sebenarnya telah banyak artikel membahas cara mempromosikan website jualan supaya ramai kunjungan dan ramai pembeli. Artikel tersebut menjelaskan mulai dari membuat website jualan hingga cara mempromosikan melalui media sosial. Pada artikel ini kami mencoba menjelaskan 3 cara ampuh yang mampu meningkatkan kunjungan pada situs jualan Anda. Berikut 3 strategi ampuh untuk mempromosikan website secara gratis :

1. Metode SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan metode dalam mesin pencarian yang digunakan di internet. SEO merupakan salah satu metode yang biasa digunakan. Tujuannya untuk mempromosikan situs atau website jualan Anda dan diakses dengan gratis.

Sistem dalam SEO menggunakan sistem algoritma khusus yang dapat dipelajari oleh Anda semuanya. Sistem algoritma di SEO memungkinkan website-website tertentu muncul di bagian paling atas dalam pencarian.

Salah satu cara mempromosikan situs atau website jualan online melalui SEO adalah menggunakan keyword atau kata kunci. Kata kunci dimaksud adalah penggunaan kata-kata paling sering digunakan dalam kategori-kategori tertentu. Sesuai produk yang diperjualbelikan. Sebagai contoh keyword sering digunakan adalah kata “jual” dan “jasa”. Kata-kata tersebut memiliki kekuatan untuk digunakan dalam penjualan suatu produk tertentu.

2. Menggunakan Sosial Media

Strategi kedua yang dapat dilakukan untuk mempromosikan adalah, menggunakan sosial media. Strategi ini sebenarnya sudah sangat umum digunakan oleh para pebisnis online dalam mempromosikan situs atau website jualan. Sosial media yang biasa digunakan dalam mempromosikan website secara gratis misalnya Facebook, Instagram, dan Twitter.

Berjualan di ketiga sosial media tersebut merupakan sistem promosi efektif karena hanya memerlukan aplikasi di gadget Anda. Namun, yang perlu diperhatikan terdapat beberapa aplikasi untuk membantu mempromosikan situs Anda dengan cara lebih efektif.

Salah satunya menggunakan aplikasi khusus berbayar. Sehingga dengan memposting atau mengupload alamat situs jualan Anda maka otomatis tersebar di seluruh grup Facebook. Maksudnya grup tertentu yang Anda ikuti. Namun, perlu diperhatikan juga apabila Anda menggunakan aplikasi tersebut, pastikan keaslian aplikasi yang Anda peroleh. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak penipuan bermodus aplikasi tersebut di media sosial.

3. Menggunakan Quora dan Kaskus

Metode selanjutnya dan masih gratis adalah menggunakan Quora atau Kaskus. Quora merupakan aplikasi yang dirancang untuk bertanya jawab di jejaring sosial. Aplikasi ini serupa dengan dengan aplikasi Yahoo Answer.

Bagaimana Quora dapat berguna mempromosikan situs jualan secara gratis ? Seperti yang telah diketahui Quora merupakan situs tanya jawab. Situs tersebut memungkinkan semua orang menjadi penanya atau menjawab. Anda dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan situs yang Anda miliki memiliki banyak pengunjung.

Sistem selanjutnya adalah menggunakan Kaskus. Ini merupakan situs berisi obrolan luas yang populer di Indonesia. Kaskus memungkinkan seseorang untuk memposting atau mempromosikan sesuatu. Kemudian dapat didiskusikan oleh sesama pengguna Kaskus. Situs ini memiliki bagian yang disebut Lounge dalam laman tersebut.

Anda dapat memposting segala hal berkaitan dengan situs atau website jualan yang Anda miliki. Cara yang dapat Anda lakukan jika ingin mempromosikan situs, atau website melalui Kaskus adalah, menggunakan ulasan website. Buatlah thread berisikan review atau ulasan mengenai situs yang Anda miliki. Buat semenarik mungkin sampai pengunjung situs tertarik. Kalau sudah tertarik semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan traffic, atau jumlah kunjungan pada situs atau website jualan yang Anda miliki.

Demikian adalah 3 strategi ampuh yang dapat Anda tempuh atau Anda lakukan. Tak lain supaya situs jualan menjadi ramai kunjungan sampai memiliki traffic tinggi. Sesekali cobalah untuk berperan sebagai pengunjung biasa. Kemudian masuk ke website jualan, dan evaluasi diri mana tampilan kurang menarik dan mana yang harus dipertahankan.

Oh iya, jangan sekali-kali memaksa pengunjung membeli ya. Lakukanlah pendekatan persuasif secara halus, misalnya dengan memberikan tips terlebih dahulu. Atau mengangkat masalah seperti keluhan sakit kemudian hubungkan dengan produk Anda. Tapi harus benar-benar berkaitan ya, jangan asal cocok-cocokan. Karena kepercayaan bagi pembeli tetap menjadi pertimbangan utama.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me