3 strategi

3 Strategi Sukses Google, Amazon, Facebook, Apple Yang Perlu Anda Ketahui!

Tahukah Anda kenapa Google, Amazon, Facebook, Apple, Uber, Microsoft menjadi besar dan maju pesat meninggalkan para pesaingnya? karena mereka memiliki data yang memberikan beragam bisnis insights sehingga dapat menghasilkan dan merancang marketing plan yang tepat sasaran.

Bisnis apapun itu baik online maupun offline, pasti semuanya menghasilkan data. Banyak sekali data yang dihasilkan dari sebuah bisnis seperti data transaksi, data customer, data produk, hingga data keuangan.

Data merupakan aset yang paling berharga dari sebuah bisnis bahkan pada salah satu ulasan di situs The Economist menyebutkan bahwa sumber paling berharga di dunia saat ini bukan lagi minyak tetapi data.

data

image: Quora

Ada beberapa strategi yang wajib dijalankan pada bisnis online yang sedang Anda jalankan agar dapat terus berkembang dan tidak kalah dengan kompetitor hanya dengan melakukan pengelolaan data yang benar.

Strategi ini akan membuat data yang Anda kelola memberikan insights baru bahkan informasi penting mengenai buyer persona dan dari mana saja customer Anda sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan optimasi jangka panjang kedepannya.

Biasanya pebisnis online pemula jarang sekali memperhatikan hal yang paling penting ini sehingga banyak yang bisnisnya sulit perkembang bahkan hanya jalan ditempat.

Bagaimana caranya agar bisnis tetap bertahan dan berkembang untuk jangka panjang. Lakukan 3 strategi di bawah ini:

1. Mengelola Data Transaksi Pembelian.

Pada saat Anda menjual produk misalnya melalui media Facebook, Instagram, ataupun dengan website sendiri secara sederhana, tentunya Anda akan mencatat produk apa yang dibeli, tanggal berapa produk tersebut dibeli, apa ukurannya, berapa jumlahnya, dan berapa rupiah total penjualannya.

Agar data dapat dikelola dengan baik, ada baiknya lakukan pencatatan dengan menggunakan media seperti Google spreadsheet, Microsoft exell, dll.

Jika Anda tidak mau ribet dan buang waktu dalam mengelola data transaksi secara realtime Anda dapat menggunakan software seperti Invent POS (Lebih praktis & hemat waktu).

2. Kelola Penyimpanan Data

Dimana Anda simpan data yang sudah Anda susun dan kelola? Apakah di komputer dengan folder terpisah? atau di tempat penyimpanan lain seperti Dropbox atau Google Drive.

Dan yang paling penting dan dipertimbangkan adalah keamanan. Pastikan data yang Anda kelola harus aman.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah siapa saja yang dapat mengakses data bisnis Anda? Karena data transaksi pembelian dan data pelanggan bersifat rahasia dan merupakan kunci dari kinerja toko online Anda, pastikan Anda memiliki kendali atas siapa saja yang dapat melakukan akses pada data ini.

Solusi bagi Anda yang ingin menyimpan data dan mengelolanya agar lebih aman, Anda dapat menggunakan software Invent. Dengan menggunakan Invent Anda juga dapat memegang kendali atas hak akses kepada siapa saja dari staff atau tim Anda yang melakukan akses pada data yang Anda kelola.

3. Analisa Data.

Merancang sebuah marketing plan dengan melakukan analisa data setiap bulan merupakan hal yang sangat menentukan perkembangan sebuah bisnis.

Anda dapat melakukan perbandingan antara transaksi penjualan di bulan lalu dengan bulan ini. Analisa produk apa saja yang paling banyak dibeli oleh customer Anda?Melakukan analisa dapat memberikan Anda informasi penting dan insight terbaik untuk perencanaan bisnis selanjutnya.

Analisa data secara detail dari data-data yang di miliki dapat meningkatkan perkembangan bisnis secara menyeluruh sehingga Anda dapat membidik segmen tertentu dengan biaya lebih minim dibandingkan mengeluarkan biaya lebih besar untuk kategori segmen lebih luas.

Mulailah membuat marketing plan pada bisnis Anda dengan melakukan analisa data sekarang juga, gunakan Invent untuk memulai analisa data pada bisnis Anda dengan sangat mudah dan cepat.

Apa komentar Anda?

Leave a Comment: