4 Masalah Peningkatan SEO Toko Online

4 Masalah Peningkatan SEO Toko Online

Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) di toko online sekilas terlihat sulit untuk dilakukan dan menyita waktu. Maka dari itu kita harus bisa mengenali sebuah konsep optimasi toko online yang jelas di toko online. Jika kita menerapkan strategi unik untuk optimasi mungkin saja akan membantu dalam memecahkan masalah. Ada beberapa permasalahan yang terjadi disaat kita sedang berusaha meningkatkan optimasi SEO di toko online milik kita, di antaranya :

1. Kurang Mengoptimalkan Nama atau Judul Produk

Kurang Mengoptimalkan Nama atau Judul Produk

Terkadang banyak orang yang memberikan nama produk itu dengan kode tertentu, padahal tanpa mereka sadari bahwa hal itu menyebabkan penurunan peringkat di mesin pencari. Hal ini terjadi diakibatkan oleh kurangnya target kata kunci (keyword) produk yang telah kita targetkan. Jika kita pikirkan matang-matang pasti pengunjung akan menuliskan nama barang yang mereka cari dengan sebuah kode produk.

Pastinya para pengunjung akan menuliskan nama barang yang akan dicarinya secara to the point sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Sehingga kita harus kreatif dalam menentukan nama judul maupun produk agar bukan hanya sekedar menarik tapi juga bisa memiliki targetan kata kunci (keyword) yang bagus agar disaat kata kuncinya dicari oleh para pengguna internet maka website kita pun bisa muncul dan bahkan berada di halaman pertama.

2. Deskripsi Produk yang Tidak Tertarget Secara Tepat

Deskripsi Produk yang Tidak Tertarget Secara Tepat

Untuk poin kedua ini masih tetap berhubungan dengan title atau judul untuk bisa mengoptimalkan posisi produk kita di mesin pencarian. Agar bisa menambahkan nilai SEO di dalam sebuah produk maka kita bisa menyelipkan kembali judul atau nama produk di dalam sebuah deskripsi. Ulangi penyebutan nama produk kita maksimal 2x untuk memperkuat konten milik kita di mesin pencarian.

Walaupun demikian bukan berarti harus mengulang kata-kata yang sama. Kita juga bisa menggunakan teknik menulis yang baik (copywriting) agar tulisan menjadi enak dibaca oleh para calon pembeli dan search engine.

3. Kurangnya Kualitas Gambar atau Foto Produk

Kurangnya Kualitas Gambar atau Foto Produk

Kualitas atau optimasi gambar agar bisa dibaca oleh mesin pencari terutama google merupakan salah satu dari banyaknya cara SEO agar gambar bisa mendatangkan kenaikan pengunjung yang datang mengunjungi web kita. Maka dari itu, harus bisa mengusahakan gambar yang kita gunakan juga bisa disukai oleh mesin pencari.

Cara yang harus dilakukan cukup mudah, coba silahkan selipkan Alt atau title tag pada gambar sesuai dengan nama produk untuk bisa memperkuat nilai SEO di search enginenya. Adapun beberapa poin penting yang harus kita perhatikan dalam mengoptimasi gambar di antaranya sebagai berikut :

  • Pilihlah gambar yang ringan untuk produk (hal ini akan mempermudah browser memuatnya).
  • Pasang atribut Alt pada gambar produk yang akan kita pajang di website toko online kita
  • Ganti nama pada gambar sebelum kita upload menjadi lebih user sehingga akan tercipta URL SEO yang kuat.

4. Tidak Menggunakan Template yang SEO

Tidak Menggunakan Template yang SEO

Padahal, sekarang sudah banyak beredar template yang SEO friendly dan siap pakai. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghias sebuah blog atau web agar bisa terlihat lebih bagus dan menarik.

Bagi toko online sendiri terdapat Premium Template dan juga tersedia yang gratis dengan desain yang tak kalah menarik dari yang lainnya. Poin yang terpenting disini adalah desainnya bagus, fitur yang tersedia lengkap, dan juga loading webnya pun tidak terlalu memberatkan.

Setelah adanya kemudahan ini, kita bisa dengan mudah untuk berkreatifitas mempercantik tampilan website toko online yang kita miliki. Jika website bisa berubah menjadi menarik, maka akan semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi website kita. Jika dipandang dari segi estetika pun akan terlihat lebih nyaman untuk dilihat serta bisa memanjakan mata banyak pengunjung. Mungkin saja di saat para pengunjung telah nyaman melihat website kita yang menarik, mereka menjadi tertarik untuk membeli barang atau produk yang kita tawarkan.

Selain beberapa kesalahan diatas, ada beberapa tips agar kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan lainnya, diantaranya:

Meta keyword jangan diisi terlalu banyak, karena pada umumnya 16 keyword (kata kunci) merupakan jumlah yang maksimum.

Jangan mengulang-ulang kata yang sama melebihi 3x. Yang dihitung dari semua rangkaian kata kunci yang kita tulis di website toko online milik kita.

Pisahkan setiap kata kunci (keyword) yang kita miliki dengan tanda koma (,)
SEO URL atau slug sangat direkomendasikan untuk bisa diisi sesuai title tag seperti nama toko, nama produk, nama kategori atau nama halaman informasi.

Jika ingin memisahkan kata, gunakanlah tanda minus (-)
Setelah kita tahu kesalahan yang sering dilakukan, untuk meminimalisir kesalahan, maka sudah seharusnya kita mengetahui pedoman SEO toko online yang wajib diterapkan. Pedomannya adalah :

  1. SEO URL atau slug yang baik disarankan untuk tidak menggunakan huruf kapital dalam penulisannya.
  2. Jangan menggunakan spasi pada SEO URL. Jadi, disaat kita ingin memisahkan setiap kata bisa menggunakan tanda minus (-).
  3. SEO URL atau slug yang unik dan gunakan cukup satu kali saja.
  4. Pastikan nama produk itu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini berfungsi untuk menghindari mesin pencari melakukan pendaftaran hanya salah satu produk pada hasil penelusurannya.
  5. Menentukan apakah kita akan menggunakan dua bahasa atau satu bahasa. Pada umumnya, setiap toko akan aktif 1 bahasa yaitu bahasa indonesia. Namun, di saat mengaktifkan dua bahasa maka sesuaikanlah SEO URL-nya dengan masing-masing bahasa yang dipilih.
Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me