5 Keuntungan Menggunakan POS (Point Of Sales)

5 Keuntungan Menggunakan POS Ini Tidak Akan Anda Dapatkan Jika Masih Menggunakan Sistem Kasir Manual

Apa Perbedaan Antara Kasir dan POS?

Tujuan utama aktivitas seorang kasir (cashier) adalah untuk memproses penjualan. Pada akhir hari, kasir dapat memberitahu Anda apa yang telah dijual. Dan berapa banyak keuntungan telah diperoleh. Data ini kemudian secara manual ditransfer ke rekening atau daftar saham.

Sebuah sistem POS (Point of Sale) jauh lebih maju. Ini ditetapkan dengan perangkat lunak yang dapat menghubungkan ke jaringan lain. Oleh karena itu mereka dapat menyimpan data tanpa akhir tentang saham dan klien, langsung dari perangkat elektronik.

Keuntungan lain yang sistem POS miliki lebih dari kasir, sistem di dalamnya memungkinkan untuk membuat lampiran dari scanner. Ada banyak alasan sebuah bisnis untuk menggunakan POS daripada kasir tradisional. Keunggulan utama dari POS akan dijabarkan di bawah ini.

1. Peningkatan Efisiensi

Sementara sistem POS menawarkan berbagai keuntungan kepada manajer bisnis atau direktur, mari jelajahi keuntungan untuk sistem utama pengguna (yaitu karyawan). Yang akan memiliki kontak langsung dengan kedua sistem dan pelanggan setiap hari.

Memang, sistem POS dapat meningkatkan kepercayaan pengguna dalam beberapa cara. Misalnya, SDM tidak harus menghabiskan banyak waktu menghafal harga produk, atau secara manual memasukkan data dalam jumlah besar karena mereka tidak bekerja dengan cash register tradisional.

Hal ini akan memungkinkan staf Anda untuk menawarkan layanan pelanggan lebih baik. Pada akhirnya dapat memberikan perusahaan Anda basis pelanggan lebih loyal, hanya karena fakta orang-orang saat dilayani telah ditangani dengan ramah. Sikap ramah terbentuk atas kemudahan saat menjalankan sistem dalam POS.

Selain itu, sementara sistem cash register tradisional dapat menyebabkan beberapa masalah dan pusing ketika pengguna membuat kesalahan. Pada Point of Sales kesalahan sistem dapat dengan mudah diperbaiki dengan hanya beberapa klik.

2. Sistem Point Of Sales

Tingkat kesalahan untuk sistem ini juga sangat berbeda. Bahkan, menurut statistik, jika individu harus secara manual memasukan setiap transaksi pada cash register tradisional. Akan menyebabkan kesalahan setiap 300 karakter. Tetapi, sistem kesalahan pada POS lebih sedikit dan jauh bedanya dengan hanya satu kesalahan substitusi untuk setiap 15.000 untuk 36 triliun karakter melalui barcode scanner.

Tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan staf pengguna dalam sistem yang mereka gunakan. Sistem juga menghemat uang perusahaan dalam hal meminimalkan kerugian akibat sebelumnya memakai cara konvensional.

Selanjutnya, jika proses memasukkan data item menggunakan sistem cash register konvensional menghabiskan sekitar 6 detik. Memindai item menggunakan Point of Sale sistem barcode reader membutuhkan waktu yang jauh lebih pendek, hanya 0,3 detik.

Proses transaksi keseluruhan yang cepat tidak hanya membuat pekerjaan lebih mudah bagi staf. Itu juga berarti omzet datang lebih cepat, lebih efisien, dan dengan potensi untuk lebih banyak pelanggan per jam. Ini pasti akan membantu meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang.

3. Manajemen Stok

Secara tradisional, manajemen stok membutuhkan pegawai yang harus diberi upah secara teratur dengan sistem kerja manusia (tanpa bantuan sistem). Tentu, ini bisa menjadi proses yang memakan tenaga dan waktu, terutama untuk bisnis skala besar.

POS memungkinkan semua proses transaksi akan dipindai pada saat pengiriman dan dimasukkan ke dalam database digital. Pebisnis dapat meninjau tingkat stok secara keseluruhan sekilas. Sehingga membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang tepat.

4. Laporan yang Akurat

Kebanyakan sistem POS modern juga menawarkan para pebisnis akses ke berbagai laporan. Laporan-laporan ini dapat mencakup informasi penting, seperti pengambilalihan harian dan pengeluaran, menyediakan pemahaman tentang keberhasilan keseluruhan bisnis. POS juga dapat memberikan informasi berkaitan dengan proses manajemen stok yang disebutkan di atas.

Kemampuan pelaporan canggih dapat mengidentifikasi tren penjualan umum, seperti variasi musiman dalam permintaan produk. Hal ini memungkinkan pebisnis mengatur tingkat stok untuk menjadi penyimpanan di gudang.

Memastikan pebisnis memiliki arahan yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Dengan demikian sistem memaksimalkan pengambilalihan potensi bisnis yang Anda miliki. Selain itu, laporan-laporan sebelumnya dapat dievaluasi. Dan memungkinkan pebisnis untuk mengidentifikasi area pemborosan uang yang tidak perlu.

5. Pelacakan Karyawan

Kemampuan untuk melacak aktivitas karyawan dapat menjadi alasan lain untuk memanfaatkan sistem POS. Melalui penggunaan kode identifikasi unik (kadang-kadang disebut sebagai kode petugas), karyawan individu dapat dikaitkan dengan transaksi tertentu, terlepas dari berapa banyak anggota staf menggunakan mesin yang sama.

Dengan melacak perilaku staf, Anda dapat mengidentifikasi individu dengan angka penjualan sangat kuat atau lemah. Anda bisa membangun semangat kompetisi sehat dalam bisnis dan memungkinkan tindakan apa yang harus diambil sehubungan dengan karyawan yang kinerjanya lemah. Selain itu, pengetahuan bahwa transaksi mereka sedang dilacak akan menurunkan tingkat pencurian yang dilakukan oleh karyawan.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me