5 Strategi Diskon Unik yang Dapat Meningkatkan Penjualan

5 Strategi Diskon Unik yang Dapat Meningkatkan Penjualan Anda

Seperti sudah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya, tentang jenis dan macam-macam diskon. Diskon merupakan kegiatan pengusaha saat berjualan berupa potongan harga pada sejumlah barang tertentu. Banyak jenis diskon ada di dunia pemasaran, mulai dari diskon harga dengan diskon bundel.

Masing-masing diskon tentu memiliki perhitungan dan karakteristiknya masing-masing. Seperti halnya diskon harga, merupakan diskon yang melekat pada suatu barang atau produk tertentu. Dengan tujuan untuk menurunkan harga dari suatu produk agar bisa meningkatkan target jumlah barang terjual.

Diskon harga biasanya berupa diskon persenan. Angka jumlah diskon akan memotong harga dari produk tersebut. Diskon harga berupa persenan diberikan pada barang-barang yang sudah mengalami mark-up dengan jumlah tertentu. Hal tersebut dilakukan untuk memanipulasi pemikiran secara psikologi oleh konsumen.

Selain diskon harga, terdapat diskon yang disebut diskon bundel atau sekaligus. Diskon bundel merupakan diskon yang diberikan bukan pada menurunkan harga. Namun, pada pembelian dengan harga lebih murah. Apabila pembelian dilakukan dalam paket tertentu. Paket-paket potongan harga diberikan, biasanya terdiri dari beberapa barang yang sering terjual dengan sedikit peminat.

Tujuan dari diskon ini adalah untuk mendorong barang atau produk yang kurang diminati oleh masyarakat untuk laku terjual. Sehingga barang tersebut tidak menumpuk dan menjadi stok pada penjualan selanjutnya. Hal tersebut dilakukan karena apabila barang tersebut tersimpan terlalu lama, maka akan mengakibatkan nilai barang semakin turun. Bila dibandingkan harga atau nilai barang sebelumnya.

Selain kedua diskon tersebut ternyata terdapat diskon-diskon unik yang diberikan oleh penjual dengan tujuan sama dengan diskon lainnya. Setidaknya terdapat 5 diskon tidak umum atau unik diberikan oleh penjual. Atau oleh tim marketing pada konsumen untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang mereka tawarkan. Berikut 5 jenis diskon yang tidak umum tersebut:

1. Diskon Nama

Diskon nama merupakan diskon unik yang sering kita jumpai pada produk makanan di Indonesia. Diskon nama biasa digunakan di restoran besar dan waktunya tidak tetap. Diskon nama biasanya berupa pemilik nama tertentu seperti diskon pada HUT RI. Pada hari tersebut, terdapat diskon nama seperti Agustus atau nama lain berkaitan dengan hari tersebut. Perusahaan yang sering memberikan diskon nama adalah KFC dan Starbucks.

2. Diskon Ulang Tahun

Diskon kedua, adalah diskon ulang tahun. Diskon ini biasanya berupa gratis makanan atau minuman untuk seseorang yang sedang merayakan ulang tahun pada hari tersebut. Tetapi ada juga perusahaan bidang retail yang memberikan diskon sejumlah umur pelanggan bersangkutan. Jadi, semakin tua semakin besar jumlah diskonnya.

3. Diskon Kartu Kredit atau Debit

Diskon selanjutnya adalah diskon kartu kredit atau diskon kartu prabayar. Diskon ini biasanya diberikan pada swalayan besar yang melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu debit maupun kredit. Diskon ini biasanya diberikan, karena swalayan bekerja sama dengan pihak bank penyedia kartu kredit.

Untuk memberikan sejumlah diskon apabila menggunakan pembayaran dengan kartu kredit tersebut. Sebelumnya, Anda sudah tahu bedanya kartu kredit dengan kartu debit? Singkatnya, kartu debit adalah kartu ATM yang bisa digunakan belanja. Sementara kartu kredit diberikan, bila nasabah mengajukan kredit secara khusus.

4. Diskon Cashback

Diskon selanjutnya adalah cashback. Sebenarnya apabila dilihat dari konsepnya, cashback bukanlah diskon seperti pada umumnya kita ketahui. Apabila pada diskon umumnya pengembalian berupa barang yang harganya diturunkan dengan jumlah tertentu. Namun, pada cashback, konsumen bukanlah memperoleh barang, tapi sejumlah uang yang nilainya sudah ditentukan oleh penjual atau pemilik produk

Cashback biasanya diberikan oleh perusahaan-perusahan di bidang jasa properti maupun swalayan. Pemberian cashback biasanya tidak begitu besar apabila dibandingkan dengan harga produk yang dibeli oleh konsumen. Cashback biasa diberikan pada kisaran 50.000 sampai 150.000 pada produk makanan.

Sedangkan pada produk properti dengan nilai barang atau produk yang lebih mahal maka cashback berkisar pada 1.000.000 sampai 3.000.000 rupiah. Dengan sejumlah uang diperoleh pada saat cashback, konsumen tertarik membeli produk atau barang yang ditawarkan oleh penjual.

5. Diskon Ibu Hamil

Diskon terakhir adalah diskon untuk ibu hamil. Diskon ini serupa dengan diskon untuk ulang tahun. Diskon ini hampir ada di setiap hari pada perusahaan-perusahaan atau toko yang menjual barang khusus ibu dan bayi. Tetapi diskon untuk ibu hamil juga kerap ada di rumah makan atau restoran besar.

Diskon ini biasanya berbentuk gratis makan dan minum pada menu tertentu untuk seseorang yang sedang hamil. Namun, terkadang diskon ini disertai beberapa syarat seperti hanya berlaku sekali untuk satu orang.

Itulah beberapa diskon unik yang biasanya diterapkan di Indonesia. Salah satunya mungkin dapat diterapkan pada produk Anda untuk meningkatkan target penjualan.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me