Berbisnis Produk Branded dengan Marketplace yang Tepat

Berbisnis Produk Branded dengan Marketplace yang Tepat

Marketplace merupakan salah satu tempat berbisnis yang paling diandalkan masa kini terutama di Indonesia. Tren berbelanja online di kalangan masyarakat Indonesia juga seringkali mengalami pergeseran.

Salah satunya adalah saat ini semakin marak tren konsumsi barang-barang bermerek (branded) dengan harga yang cukup fantastis. Jika awalnya konsumen membeli barang bermerek preloved, kini mereka sudah mampu beralih ke barang baru. Status sosial kini menjadi hal yang dianggap penting oleh konsumen di Indonesia.

Berdasarkan laporan dalam Asia Luxury Index 2016 yang dilansir Reebonz, permintaan barang baru dari merek ternama mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Total transaksi barang branded meningkat sebesar 37% pada 2015 dibandingkan sebelumnya dan pembelanjaannya melesat sebesar 50%. Chanel adalah salah satu merk dengan status mewah dan eksklusif, selain Chanel merk lainnya adalah Prada dan Hermes.

Lembaga riset tren fashion WGSN juga mengungkapkan perilaku konsumen barang mewah di Asia telah mengalami pergeseran dari yang hanya mencari pengalaman unik dalam membeli produk menjadi mencari lebih dalam tentang produk-produk elit terbaru.

Hal ini merupakan peluang sangat besar untuk berbisnis tren barang bermerek yang dijual secara online. Marketplace merupakan salah satu cara jualan online yang secara solutif memiliki peluang menjual produk-produk mewah dan bermerek. Berikut ini alasan mengapa marketplace merupakan pilihan tepat untuk berbisnis barang branded:

1. Semakin Meningkatnya Jumlah Kalangan Menengah ke Atas di Indonesia

Semakin Meningkatnya Jumlah Kalangan Menengah ke Atas di Indonesia

Data menunjukkan bahwa jumlah populasi masyarakat Indonesia dengan penghasilan di atas satu juta dollar semakin meningkat hingga 101.900 hingga tahun 2025. BCG juga memprediksikan bahwa di tahun 2020 lebih dari setengah (53%) populasi Indonesia akan menjadi konsumen kelas menengah. Hal ini membuka peluang besar bagi pebisnis yang menjual produk-produk branded.

2. Marketplace Menyediakan Barang Branded Baru dan Preloved

Menyediakan Barang Branded Baru dan Preloved

Produk fashion branded khususnya memang banyak sekali digemari oleh konsumen yang berbelanja secara online, mulai dari barang yang masih baru sampai barang yang preloved pun masih menjadi incaran.
Marketplace menyediakan keduanya, sehingga konsumen bisa dengan mudah mencari produk sampai berbelanja di marketplace dengan pelayanan yang diberikan. Pelayanan secara langsung dan mudah dengan beberapa kali klik.

3. Menjamin Keaslian Produk

Marketplace Menjamin Keaslian Produk

Produk-produk mewah memang sangat rentan dengan banyaknya duplikasi dan pemalsuan, sehingga banyak tersebar produk KW dari berbagai merek ternama. Hal inilah yang biasanya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi konsumen dalam melakukan pembelian barang branded secara online maupun offline.

Sebuah marketplace memiliki cara untuk mengatasi hal ini. Sebelum dikirimkan kepada pembeli, tim marketplace akan memeriksa kelayakan dan keaslian barang dari seller dan jika memang sesuai maka pembeli kemudian bisa mentransfer uangnya.

Selain itu tim marketplace memiliki algoritma atau hitungan matematika untuk mengidentifikasi apakah foto dan produk yang dipajang merupakan barang asli dari pabrik di negaranya.

Apabila ditemukan kecacatan atau ketidaksesuaian, maka pihak marketplace akan mengkomunikasikannya dengan kedua belah pihak, yakni pada seller dan buyer. Beberapa di antaranya bersedia melakukan refund atau uang kembali.

4. Pilih Marketplace yang Tidak Menggunakan Sistem Konsinyasi

Pilih Marketplace yang Tidak Menggunakan Sistem Konsinyasi

Beberapa marketplace mensyaratkan penjualnya untuk melakukan konsinyasi dengan jumlah berdasarkan ketentuan yang diterapkan oleh marketplace yang bersangkutan. Barang yang akan dibeli akan dikirimkan terlebih dahulu kepada tim marketplace untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah itu baru buyer bisa mentransfer uang dan barang akan dikirimkan.

Tetapi ada juga marketplace yang tidak menggunakan sistem tersebut. Keuntungan dari tidak adanya sistem konsinyasi adalah meminimalisir terjadinya kecacatan barang sebelum sampai kepada buyer.

Sehingga dapat dipastikan barang yang dijual di marketplace berkualitas baik dan tidak ada kecacatan. Hal ini juga merupakan keuntungan tersendiri bagi penjual karena tidak harus menyimpan stok di marketplace.

5. Jangkauan Lebih Luas dengan Digital Marketing

 Jangkauan Lebih Luas dengan Digital Marketing

Sebuah marketplace setiap minggu rutin melakukan pemilihan terhadap beberapa barang branded yang akan diiklankan pada media sosial di luar mereka seperti Facebook dan Instagram dengan total exposure lebih dari 190.000 user per iklannya.

Hal ini membuat barang yang dijual oleh seller lebih banyak dilihat oleh para pecinta barang branded di seluruh Indonesia. Hal ini juga mempermudah para pecinta barang mewah untuk melihat barang-barang yang diinginkan.

Tentu saja fitur ini sangat membantu untuk peningkatan jumlah penjualan dan edukasi terhadap pasar. Mengingat Facebook dan Instagram yang penggunanya terdiri dari semua kalangan, sehingga produk-produk branded bisa lebih dikenal dan disukai oleh masyarakat luas.

6. Varian Produk

 Varian Produk

Barang yang dijual tentu saja merupakan produk fashion dari brand internasional seperti misalnya Dior, Fossil, Hermes, Prada, Louis Vuitton, Gucci, Kenzo, Chanel, Chloe dan masih banyak lagi merk lainnya.

Hal ini juga menjadi salah satu sasaran marketplace, yaitu orang-orang yang eksis di media sosial seperti influencer ataupun selebriti. Banyaknya pilihan varian ini menarik untuk konsumen agar mereka bisa bebas memilih produk yang disukai dan diinginkan. Mereka juga bisa memilih barang baru ataupun preloved jika ingin lebih murah.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me