Cara Optimasi SEO Untuk Video Youtube

Optimasi SEO Untuk Video Youtube

Optimasi SEO (Search Engine Optimization) bisa berfungsi untuk mendukung konten yang diunggah ke Youtube agar mendapatkan penonton yang banyak. Namun, masih banyak orang-orang yang belum mengetahui cara untuk mengoptimasi SEO untuk Youtube.

Bagi pengguna Youtube yang sudah memiliki channel Youtube sendiri atau pengguna yang baru ingin memulai menjadi seorang Youtuber (orang yang mendapatkan penghasilan dari Youtube) haruslah menggunakan SEO khusus Youtube. Optimasi Youtube sangatlah penting seperti pentingnya optimasi sebuah artikel.

Tujuan optimasi ini agar memudahkan pencarian para pengguna Youtube terhadap sebuah konten, baik dari hasil pencarian di Google maupun hasil pencarian di Youtube. Jika pencarian secara personal itu mudah maka secara otomatis konten akan semakin mudah untuk ditemukan oleh banyak orang. Juga akan semakin bertambah jumlah viewer (penonton). Ada beberapa cara untuk bisa mengoptimasi SEO Youtube terbaru, diantaranya :

1. Lakukan Keyword Research (Riset Kata Kunci)

Lakukan Keyword Research (Riset Kata Kunci)

Dengan melakukan riset keyword (kata kunci) terlebih dahulu sebelum melakukan pembuatan video yang direncanakan untuk diunggah, kita akan bisa mendapatkan banyak pengunjung di Youtube milik kita. Riset keyword ini sesuai jika diterapkan dalam membuat sebuah blog atau website.

Riset keyword akan berguna saat mencari tahu hal yang sedang populer di masyarakat. Atau yang sedang gencar-gencarnya dicari oleh banyak orang pada saat tertentu. Kita juga dapat menentukan topik yang bisa digunakan dalam pembuatan video di sebuah akun. Selain itu, kita juga bisa memprediksi seberapa besar potensi dan pendapatan yang akan didapatkan nantinya.

2. Membuat Video Menarik, Berdurasi Cukup, dan Berkualitas

Membuat Video Menarik, Berdurasi Cukup, dan Berkualitas

Untuk bisa menarik minat para pengguna Youtube agar mengunjungi Youtube milik kita memang bukan hal mudah. Karena para pengguna Youtube akan mencari video yang menarik untuk dilihat dan relevan untuk ditonton. Dengan durasi yang cukup maka para penonton Youtube akan mendapatkan informasi yang ingin kita sampaikan kepada mereka dengan jelas. Ingat ya, bukan video panjang, tapi cukup dalam artian informatif.

Selain video menarik dengan durasinya yang cukup, kita juga harus bisa memperhatikan kualitas yang kita unggah atau yang kita buat. Dengan kualitas video yang terlihat jelas, maka para penonton pun akan lebih tertarik karena jika kualitas video kita buruk, para penonton Youtube akan merasa kurang tertarik untuk menonton video kita.

3. Peletakan Keyword (Kata Kunci)

Peletakan Keyword (Kata Kunci)

Setelah kita melakukan keyword research (riset kata kunci) dan menentukan kata kunci yang akan dipilih untuk kemudian dibuatkan sebuah video, tahap selanjutnya adalah memberi nama video tersebut sesuai dengan kata kuncinya. Karena jika kita memberi nama file sesuai dengan kata kuncinya, maka secara otomatis mesin pencarian Google akan mudah dalam menampilkan kata kuncinya tersebut dan akan berpengaruh sangat baik terhadap SEO Youtube.

Untuk pemberian nama judul, berilah judul yang sama dengan keyword serta diberi tambahan kata. Agar video Youtube bisa menduduki peringkat yang bagus atau peringkat teratas. Tahap selanjutnya setelah memberikan nama judul. Buat deskripsi video Youtube dengan menerapkan keyword pilihan. Tujuannya untuk memperjelas secara singkat tentang isi video Youtube. Namun, di bagian deskripsi ini jangan mencantumkan terlalu banyak keyword.

Selanjutnya, kita bisa menggunakan keyword di dalam tag. Dengan menambahkan keyword di dalam tag ini akan memberikan keuntungan bagi video Youtube. Karena video akan tampil di sidebar ketika ada video lain yang menggunakan keyword yang sama seperti kita.

4. Meningkatkan Reputasi Channel

Meningkatkan Reputasi Channel

Jika reputasi channel kita baik maka hal tersebut akan memberikan dampak positif terhadap konten yang ada di dalamnya. Channel yang bagus itu artinya channel tersebut memiliki relevansi yang tinggi antara satu konten dengan konten yang lainnya sehingga saling berkaitan. Karena tingkat relevansi sebuah channel itu ditentukan dengan melihat lamanya waktu yang dihabiskan oleh para penonton Youtube untuk menyaksikan video milik kita.

5. Mempromosikan Video

Mempromosikan Video

Untuk menjadikan channel Youtube milik kita lebih banyak dikenal orang, maka kita perlu membagikan (share) dan mempromosikan channel Youtube milik kita ke salah satu sosial media agar lebih banyak orang yang mengetahui tentang channel Youtube milik kita.

Kita juga bisa meminta bantuan pihak ketiga untuk mempromosikan di situs web yang telah populer. Hal ini akan berpengaruh terhadap penonton Youtube milik kita. Bahkan sebenarnya kita bisa mempromosikan video kita dengan cara berkomentar di berbagai situs yang memiliki topik yang relevan atau searah dengan Youtube kita.

Namun, kita harus berhati-hati jangan sampai memberikan komentar yang sangat banyak di satu situs karena hal ini akan menyebabkan ketidaknyaman para pengguna yang lainnya akibat spam komentar yang telah kita lakukan.

Dengan menggunakan Youtube SEO (Search Engine Optimization), maka seseorang akan semakin memiliki peluang yang semakin besar untuk bisa mendapatkan banyak penonton atau viewer di Youtube. Hal ini juga berpengaruh terhadap penghasilan yang akan didapatkan dari semua video yang telah diunggah ke channel Youtube.

Jadi bagi kalian semua yang ingin mendapatkan viewer yang banyak serta bisa menghasilkan pendapatan dari Youtube pribadi, kita diharuskan untuk menempuh beberapa proses yang bisa mendukung keberlangsungan di channel Youtube kita agar selalu ramai pengunjung atau penonton.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me