Langkah-langkah Memulai Keyword Research

Langkah-langkah Memulai Keyword Research

Keyword research merupakan kegiatan meneliti kata kunci. Keyword research termasuk cara populer yang digunakan oleh para pembaca untuk mencari bahasan mengenai tema yang menarik. Banyak orang yang tertarik dengan cara ini karena keyword research ini dapat dimanfaatkan agar menghasilkan sebuah postingan atau artikel yang bagus sehingga bisa menarik banyak pembaca untuk membacanya. Ada beberapa langkah untuk memulai keyword research, di antaranya :

1. Memahami Jenis Keyword (kata kunci)

Memahami Jenis Keyword (kata kunci)

Keyword dengan tingkat persaingan yang berat seperti jasa SEO, bisnis online, nonton film, dan lain sebagainya biasanya keyword tersebut harus didukung oleh offpage. Persaingan keyword harus dilihat menggunakan tools-tools premium dengan melihat tingkat kesulitan dari keyword tersebut.

2. Menentukan Keyword yang Paling Banyak Dicari

Menentukan Keyword yang Paling Banyak Dicari

Untuk menentukan kata kunci kita bisa menggunakan tools gratis atau tools premium agar bisa melihat jumlah pengunjung bulanan dari keyword. Selain itu, kita juga bisa menggunakan jasa agar bisa meningkatkan keyword halaman depan di google.

3. Mencari Keyword Viral, Populer dan Potensial

Mencari Keyword Viral, Populer dan Potensial

Biasanya orang akan mencari keyword ini dengan cara berikut :

  • Memperhatikan blog para kompetitor
  • Memakai jasa mesin pencari untuk bisa mengetahui tag viral dan dibuat artikel
  • Mencari tahu potensi pencarian dari bulan ke bulan

4. Melihat Jumlah Nilai Keyword

Melihat Jumlah Nilai Keyword

Kita harus melihat keyword yang memiliki nilai klik yang tinggi agar bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi juga. Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan, maka bisa dilanjutkan untuk melakukan keyword research dengan membuat konten yang berkualitas. Cara melakukan keyword research, bisa dilakukan dengan cara berikut:

a. Menentukan Jumlah Pengunjung

Untuk menghitung berapa jumlah pengunjung per keyword bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya menggunakan tools atau menganalisis sendiri memakai Google. Cara mengetahui jumlah research keyword bisa dilakukan dengan cara berikut :

  • Keyword Research Menggunakan Semrush
  • Keyword Research Menggunakan Ubersuggest dari Neilpatel
  • Keyword Research Menggunakan Tools Premium

b. Menyingkirkan Kata Kunci Dengan Persaingan Tinggi

Jangan menggunakan keyword yang tingkat persaingannya tinggi karena web kita tidak bisa muncul di halaman pertama, bisa menghabiskan waktu, dan banyak alasan lain untuk tidak menggunakan keyword yang persaingannya tinggi.

Beberapa persaingan keyword itu memang dikhususkan bagi website dengan authority bagus. Ya, mau tidak mau gunakan kata kunci yang ‘mepet-mepet’ ke sebuah topik viral. Bisa jadi orang jenuh dengan kata kunci terpopuler sehingga mencari peluang lain. Peluang dari kata kunci serupa yang mepet-mepet tadi itu.

c. Coba Gunakan Kata Kunci yang Panjang

Kata kunci yang bagus dan panjang akan memiliki kesempatan bisa masuk ke halaman satu walaupun kata kunci ini menghasilkan pencarian yang sedikit. Tapi jangan karena punya prinsip ini, Anda terlalu berkutat dengan banyak kata. Yang penting kata-katanya memiliki karakter kuat.

5. Menggabungkan Beberapa Kata Kunci dan Jumlah Pencarian

Menggabungkan Beberapa Kata Kunci dan Jumlah Pencarian

Menggabungkan beberapa kata kunci bisa menghasilkan pengunjung yang banyak dan meningkatkan kualitas yang baik. Sebenarnya untuk mengetahui kata kunci populer ada lho, caranya. Yaitu dengan menggunakan website lain.

Cobalah gunakan Google untuk membantu Anda menemukan website untuk membantu menemukan kata-kata yang sedang populer. Tapi jangan ikut-ikutan menggunakan kata-kata untuk isu politik ya!

6. Menyajikan konten yang berkualitas

Menyajikan konten yang berkualitas

Dengan melakukan keyword research ini, kita dapat meminimalisir kesalahan atau kekurangan dalam proses penyajian konten. Dim saat kita sudah memiliki panduan dari hasil keyword research untuk membuat konten yang sedang banyak diminati oleh para pembaca, maka kita dapat menentukan topik konten yang menarik untuk disajikan kepada para pembaca. Walaupun sudah memiliki beberapa poin penting mengenai topik yang sedang hangat dibicarakan, kita juga harus bisa merealisasikan ide-ide tersebut.

Agar bisa menjadi sebuah konten yang berkualitas bagi para pembaca dan bisa menarik minat pembaca untuk melihat postingan kita. Setelah menentukan topik yang sesuai, kita bisa melanjutkan membuat tulisan untuk isi konten yang menarik perhatian para pembaca sehingga tulisan yang sudah kita publish itu bisa berkembang dan menyebar secara pesat.

Dalam hal penyajian konten, kita bisa menambahkan sesuatu yang unik, berciri khas, atau sedang booming di kalangan masyarakat sehingga kita bisa menarik minat para pembaca untuk melihat konten yang telah kita buat. Hal ini bisa menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan rasa ketertarikan dan rasa keingintahuan banyak orang mengenai karya kita.

Untuk menemukan ide penambahan di konten agar menarik, kita bisa melihat kembali ke hasil pencarian kata kunci (keyword research) yang sedang tren di kalangan masyarakat, sehingga hanya dengan menggunakan satu cara kita bisa menghasilkan beberapa komponen untuk postingan kita yaitu isi konten yang berkualitas dan ide unik, sekaligus bisa meningkatkan minat para pembaca.

Penggunaan kata kunci (keyword) yang tepat sasaran itu sangat penting dan sangat baik untuk tujuan Search Engine Optimization (SEO). Biasanya, para pengguna internet mencari topik atau pembahasan yang memiliki kata kunci tertentu. Maksudnya yang sering digunakan dan kita pun sering menggunakan kata kunci tersebut. Maka hal inilah yang nantinya akan mampu memberikan dampak positif bagi performa blog atau website SEO.

Jika ingin mengetahui kata kunci apa yang harus kita gunakan, maka kita harus terlebih dahulu melakukan keyword research planner agar bisa membuat konten yang berkualitas dan pastinya terkait dengan kata kunci yang sedang gencar-gencarnya laku dicari oleh para pengguna internet.

Jadi, keyword research planner ini sangat berguna dalam pembuatan konten sehingga bisa menghasilkan konten yang berkualitas. Cara kerja keyword research planner ini dimulai dengan terlebih dahulu mencari tahu kata kunci tertentu. Yaitu apa yang sedang banyak diminati serta menarik perhatian banyak orang, sehingga kita juga bisa membuat konten yang menarik serta sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para pembaca.

Dengan cara inilah, kita bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk melihat postingan kita yang tentunya hal ini akan sangat mendukung dan sangat berpengaruh kepada capaian rating untuk kemajuan hasil karya yang telah kita buat di internet.

Daripada menulis banyak artikel yang menghabiskan banyak waktu serta tenaga. Apalagi kalau minat para pembaca sedikit sehingga tidak menghasilkan sebuah hasil yang baik. Maka lebih baik lakukan beberapa proses sesuai dengan ketentuan agar bisa menghasilkan ide-ide untuk dijadikan bahan dalam pembuatan tulisan kita.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me