Memahami lebih dalam Apa Itu Lead Magnet?

Memahami lebih dalam Apa Itu Lead Magnet

Lead magnet adalah salah satu alat untuk mengubah para pengunjung website menjadi leads. Lead magnet bisa berupa voucher belanja, ebook, kursus gratis dan lain-lainnya. Dalam dunia internet marketing, lead atau yang sering disebut sebagai calon pembeli potensial (yang memiliki prospek maju), leads merujuk pada mereka dengan ketertarikan atau memiliki potensi.

Maksudnya untuk bisa membeli produk yang kita tawarkan serta calon pembeli bersangkutan bersedia memberikan informasi kontaknya seperti nomor handphone, email, dan yang lainnya sehingga bisa kita hubungi lagi jika ada promosi atau produk baru yang akan diluncurkan.

Sebenarnya, lead magnet ini merupakan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) antara para pengunjung dan pemilik website bisnis itu sendiri. Fungsi dari lead magnet memiliki pengaruh yang sangat besar untuk meningkatkan perhatian para calon pembaca.

Mungkin pernah terlintas di pikiran kita “untuk apa susah-susah meminta informasi kontak orang lain. Padahal jika iklan sudah bagus maka orang akan membeli”. Pernyataan tersebut bisa saja terkadang muncul. Namun, kita sendiri bisa menarik sebuah kesimpulan sendiri bahwa itulah yang dinamakan dengan direct marketing (promosi secara langsung).

Pada direct marketing ini, kita memiliki kesempatan untuk bisa menjalin hubungan ke konsumen secara langsung, bukan hanya sekedar dari media iklan atau sejenisnya saja. Hubungan dengan konsumen ini bisa dilakukan menggunakan email, sms, surat atau yang lainnya.

Dengan memiliki kontak para pengunjung, maka pemasaran yang kita lakukan bisa berjalan secara berkelanjutan sampai mereka menjadi customer atau konsumen langganan serta sampai mereka tertarik para produk kita sehingga memutuskan untuk membelinya.

Lead magnet menjadi salah satu sarana untuk bisa memikat orang-orang yang memiliki kebutuhan yang mungkin saja sesuai dengan produk unggulan kita. Membuat lead magnet yang bisa mendatangkan banyak leads (calon-calon pembeli) adalah salah satu kunci utama keberhasilan sebuah bisnis online.

Keberadaan leads (calon pembeli) memiliki pengaruh yang penting bagi penjualan dan masa depan bisnis kita karena sesuai dengan tujuan bisnis yaitu meraup keuntungan atau profit yang besar serta berkelanjutan. Sedangkan salah satu cara untuk bisa memperoleh keuntungan bisnis yang besar adalah dengan meningkatkan omset penjualan melalui cara menaikan jumlah orang yang akan membeli sejumlah produk yang kita tawarkan.

Semakin banyak calon pembeli potensial yang bisa kita kumpulkan kemudian kita buat para calon pembeli tersebut tertarik dengan produk milik kita maka hal ini bisa meningkatkan jumlah penjualan. Jika produk kita mengalami peningkatan penjualan yang tinggi, secara otomatis akan terjadi kenaikan omset bisnis kita secara signifikan yang pada akhirnya akan meningkatkan profit atau keuntungan bisnis yang bisa kita dapatkan dari hasil penjualan produk yang kita tawarkan kepada para konsumen.

Pada artikel ini kita akan membahas salah satu jenis dari lead magnet yaitu ebook. Ebook (buku elektronik) adalah suatu buku yang berbentuk digital atau elektronik. Ada beberapa cara untuk membuat lead magnet berupa ebook yang paling dibutuhkan oleh para pengunjung website, diantaranya :

1. Cari Apa Yang Paling Dibutuhkan Oleh Para Pengunjung Website Kita

apa yang di butuhkan

Dalam hal ini, kita harus bisa mencari informasi apa yang sedang dibutuhkan oleh para calon pengunjung website kita. Kita bisa melakukan cara berikut untuk mencari informasi tersebut, yaitu :

  • Buka Google
  • Ketikan kata kunci di kolom pencarian yang memiliki keterkaitan dengan produk kita
  • Di sana akan muncul kata kunci populer yang disarankan oleh Google berdasarkan dari yang paling banyak dicari orang.

2. Buatlah Ebook

Buatlah Ebook

Setelah kita mengetahui kata kunci (keyword) yang sedang populer di kalangan banyak orang, kita bisa melanjutkan proses selanjutnya yaitu pembuatan ebook. Dalam membuat ebook ada yang secara gratis dan ada yang berbayar.

Jika kita membuat ebook secara gratis, caranya adalah kunjungi google serta ketikan kata kunci di kolom pencariannya kemudian carilah artikel yang menurut kita bagus dan memiliki keterkaitan dengan produk atau website yang kita miliki. Tulis ulang artikel tersebut atau bisa dengan langsung disalin kemudian buatkan dalam format .pdf. Namun jangan lupa cantumkan sumber website yang telah kita salin artikelnya.

Jika kita menggunakan cara berbayar, kunjungi sebuah website seperti sribulancer.com kemudian buatlah proyek-proyek penulisan ebook. Disini kita bisa menentukan sendiri biaya pembuatan ebook tersebut misalnya Rp. 200.000 untuk pembuatan ebook dengan judul “Tips Belajar Lead Magnet Efektif Dengan Praktis”

3. Promosikan Ebook Kita Ke Para Pengunjung Website

Promosikan Ebook Kita Ke Para Pengunjung Website

Tahap selanjutnya adalah mempromosikan atau membagikan hasil ebook kita kepada banyak orang agar banyak yang mengakses. Salah satu cara promosinya dengan menggunakan alat promosi seperti SumoMe, MailMunch, Hellobar dan lain-lain di halaman website bisnis yang sudah kita miliki.

Jadi, dapat disimpulkan kemampuan membuat lead magnet itu menjadi nilai plus. Sebagai upaya mengembangkan bisnis online kita. Dan kita juga harus bisa menarik perhatian para calon pembeli agar tertarik kepada produk yang kita tawarkan serta membelinya.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me