Pentingnya Manajemen Data Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Pentingnya Manajemen Data Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Seperti yang banyak dikatakan oleh para pengusaha bahwa kunci mencapai kesuksesan dalam mengelola bisnis adalah dengan lebih mengandalkan data.

Semua jenis bisnis, baik itu online ataupun offline, semuanya pasti menghasilkan data. Mulai dari transaksi penjualan, aktivitas di situs/toko, atau interaksi dan komunikasi di media sosial, adalah beberapa contoh dari data yang terjadi setiap hari dan menjadi jejak rekam aktivitias sebuah bisnis.

Data ini kemudian dikumpulkan (dalam volume besar, yang dikenal sebagai Big Data) dan kini menjadi aset paling berharga dari sebuah bisnis. Kenapa bisa seperti itu? Data ini memberikan beragam business insights yang membuat Amazon, Facebook, dan Google meninggalkan pesaingnya dan tercatat sebagai salah satu dari perusahaan yang paling berharga di dunia.

Jika Anda mengandalkan data dan laporan lengkap daripada menebak-nebak atau membuat perkiraan, memungkinkan Anda untuk mengetahui perkembangan bisnis dan mampu membuat keputusan yang lebih cerdas dalam meningkatkan profit bisnis hingga kepuasan pelanggan menjadi lebih baik. Sayangnya, sebagian besar pengusaha tidak tahu bagaimana mengumpulkan data yang tepat dan sebagian lainnya tidak dapat menggunakan data tersebut secara efektif.

Ada beberapa cara yang harus Anda jalankan secara konsisten, agar data transaksi yang sudah dikumpulkan tidak hanya tersimpan rapih di file Excel ataupun buku catatan Anda. Strategi ini akan membuat data Anda bekerja sebagaimana mestinya: memberikan insights bahkan informasi mengenai perilaku berbelanja pelanggan toko online Anda.

Bagaimana caranya agar Anda dapat melakukannya dengan lebih efisien?

Lakukan hal di bawah ini:

1. Mengumpulkan data transaksi/pelanggan

Saat Anda menjual produk di toko online atau di social media, dan mendapatkan pembeli yang menyukai produk tersebut, apa yang selanjutnya terjadi? Tentunya akan terjadi pertukaran informasi untuk melakukan transaksi jual-beli tersebut bukan? Apa saja data yang Anda kumpulkan untuk mencatat transaksi ini?

Secara sederhana, tentunya Anda akan mencatat produk apa yang dibeli, tanggal berapa produk tersebut dibeli, apa ukurannya, berapa jumlahnya, dan berapa rupiah total penjualannya. Agar data dapat kita kelola dengan baik, ada baiknya lakukan pencatatan dengan menggunakan aplikasi Invent.id

Invent.id adalah sebuah aplikasi yang dapat mengatur Database Produk, Penjualan, Pelanggan, Stok Barang Secara Realtime Dalam Satu Dashboard Kapanpun Dan Dimanapun…

Tanpa Perlu Pusing Dengan Software Yang Bikin Lemot, Tanpa Perlu Buku Yang Akan Lecek atau Sobek…

=> https://invent.id/

2. Menganalisa dan mendapatkan insights

Setelah Anda melakukan pencatatan dengan rapih, maka kini saatnya untuk dapat menganalisa dan mendapatkan insights dari data tersebut agar Anda dapat melakukan perencanaan bisnis yang lebih matang lagi.

Secara sederhana, lakukan perbandingan antara transaksi penjualan di bulan lalu dengan bulan ini. Produk apa saja yang paling banyak dibeli pelanggan? Berapa banyak produk yang kurang diminati pelanggan? Bagaimana dengan jumlah produk dalam satu pembelian? Melakukan analisa dengan melihat beragam pendekatan saat kita menganalisa, dapat memberikan kita informasi terbaik untuk perencanaan bisnis selanjutnya.

Bagaimana dengan perilaku berbelanja dari pelanggan Anda? Siapa top spenders Anda? Berapa rentang usia mereka? Apakah transaksi lebih tinggi saat Anda menawarkan diskon? Atau, justru transaksi tertinggi terjadi saat minggu gajian, akhir pekan, atau karena hari libur tertentu? Warna apa saja yang paling diminati?

Semakin dalam analisa yang dapat Anda lakukan, semakin baik Anda dapat melakukan perencanaan produksi atau ketersediaan produk sesuai dengan jumlah permintaan dari pelanggan Anda. Jika Anda adalah pebisnis toko online yang memproduksi produk sendiri, analisa yang lebih mendalam dari data yang Anda miliki dapat meningkatkan efisiensi bisnis secara keseluruhan. Bukan hanya efisiensi biaya dari sisi produksi, namun juga efisiensi dari sisi pemasaran. Anda dapat membidik segmen tertentu dengan biaya lebih minim dibandingkan mengeluarkan biaya lebih besar untuk kategori segmen lebih luas.

Ingin mendapatkan analisa transaksi/pelanggan yang lebih mudah dipahami? Join waiting list aplikasi Invent.id yang akan rilis sebentar lagi! Join waiting list nya disini:

=> https://invent.id/

Invent.id mempunyai fitur laporan yang lengkap seperti penjualan setiap hari, bulan hingga tahun, rata-rata pembelian, produk paling favorit hingga jumlah dan data pelanggan Anda.

Misalkan, ketika Anda melihat laporan penjualan bisnis Anda akan mengetahui produk mana yang memberikan profit terbanyak sehingga Anda bisa merencanakan untuk membeli stok lebih banyak sesuai dengan rata-rata penjualan produk tersebut.

Bandingkan jika Anda tidak memiliki data yang lengkap, tentu Anda tidak bisa membuat keputusan tepat dan dapat diandalkan. Inilah salah satu fitur terbaik aplikasi kasir online modern ini yang menjadi andalan bagi para pengusaha.

Manfaat besar lainnya? Tentu dengan memiliki data yang benar akan membantu Anda memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Laporan produk favorit dan data pembelian pelanggan sangat mendukung pengusaha untuk mengetahui selera pelanggan.

Anda akan tahu lebih banyak tentang pelanggan, kebiasaan berbelanja mereka dan kesukaan mereka. Mengandalkan data pada aplikasi invent.id dapat membantu Anda membuat strategi marketing dan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Bukankah hal ini mampu meningkatkan profit dan mengembangkan bisnis Anda?

Jadi jika Anda belum melakukannya, jelajahi fitur laporan pada bisnis Anda dan pelajari tentang data tersebut.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me