Strategi Optimasi SEO Toko Online: Offpage

Strategi Optimasi SEO Toko Online Offpage

Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh toko online untuk memaksimalkan cara kerja SEO (Search Engine Optimization) Offpage. Jika sedang memiliki budget atau dana yang tinggi, kita tentu akan bisa melakukan banyak hal. Di antaranya mengkolaborasikan berbagai hal yang berkaitan dengan urusan offpage ini. Bagi yang masih memiliki low budget atau dana minim, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk melakukan optimasi SEO offpage, di antaranya :

1. Paid Review

Paid Review

Para pengguna internet pasti sudah banyak yang tahu bahwa blogger mendapat komisi dari jasa review produk. Nah, kita juga bisa melakukan hal yang sama dengan cara mengontak langsung pemilik blog dan tawarkan diri untuk bisa bekerja sama.

Meski sebenarnya cukup mahal, kisaran harga Rp. 200.000 sampai dengan harga Rp. 300.000 per post. Namun, jika serius menjalaninya cobalah untuk melakukan secara berkala. Misalnya, di bulan Februari memasukan 3 blogspot, di bulan Maret memasukan 2 blogspot, hingga seterusnya. Dengan cara seperti ini, kita bisa melihat perkembangan secara berkala. Serta mempertimbangkan tindakan selanjutnya untuk melanjutkan atau tidak cara ini.

Untuk SEO offpage, teknik ini lumayan bermanfaat. Untuk membangun citra website toko online kita dan membantu meningkatkan kepercayaan para calon pembeli di toko online kita.

2. Mengadakan Kontes SEO

Mengadakan Kontes SEO

Kontes SEO ini sepertinya sangat cukup ampuh jika kita bisa menggunakan metode yang baik dan benar. Bahkan mungkin saja hampir semua e-commerce besar pernah mengadakan kontes ini dan kita pun bisa menirunya untuk dilakukan.

Dengan budget kurang dari Rp. 7.000.000 orang sudah bisa mengadakan kontes SEO ini. Akumulasi hitungannya yaitu Rp. 3.500.000 untuk juara satu, Rp. 2.500.000 untuk juara ke dua, dan Rp. 1.000.000 untuk juara ke tiga. Kita bisa membuat kontes ini sesuai dengan budget yang berani kita keluarkan sehingga kita pun tidak merasa terlalu terbebani.

Setelah kita menyelenggarakan kontes SEO misalnya, kita akan merasakan banyak keuntungan. Namun, keuntungan ini bisa dirasakan jika kita menggunakan sistem yang benar dan baik dalam penyelenggaraannya.

Keuntungan yang bisa kita dapat diantaranya adalah relasi bisnis kita menjadi lebih luas, bisnis kita pun akan menjadi lebih banyak yang mengenal, kepercayaan para calon pembeli dengan sendirinya semakin meningkat, dan masih banyak lagi. Timbal balik untuk bisnis kita pun bisa diperhitungkan. Tidak akan mengalami kerugian jika kita berhasil menyelenggarakannya.

3. Inner Circle Guest Post

Inner Circle Guest Post

Sebenarnya strategi Inner Circle Guest Post ini bisa digunakan disaat kita sudah memiliki inner circle yang baik. Karena jika kita memiliki inner circle yang baik, maka kita akan bisa meminta bantuan kepada teman kita yang memiliki website untuk memberi backlink ke website milik kita.

Menggunakan teknik antar sesama teman akan bisa menjadi cara yang cukup ampuh. Meskipun pada pelaksanaanya gratis. Karena disaat kita memiliki banyak teman yang kita kenal maka akan semakin banyak pula backlink yang bisa kita dapat. Sementara jika terdapat banyak keterbatasan dalam relasi pertemanan maka terjadi sebaliknya.

4. 3RD Party Web

3RD Party Web

Jika kita ingin melakukan cara yang lebih natural, kita bisa melakukan pembuatan artikel di website populer seperti di Hipwee, IDNtimes, Brilio dan lainnya.. Untuk melakukan ini, kita hanya perlu submit artikel yang bagus agar bisa tembus masuk ke websitenya lalu sabarlah untuk menunggu penerimaan dari pihak yang bersangkutan.

Di saat membuat sebuah artikel, kita bisa menyisipkan link website toko online kita dengan memperhatikan relevansi artikel yang telah dibuat. Cara ini bisa terbilang cukup baik dan efektif. Namun, jangan berlebihan karena segala yang berlebihan memberikan pengaruh tidak baik.

Kita harus bisa tertib dan berlaku sebaik mungkin. Serta mengikuti prosedur yang memang sudah selayaknya dilewati dengan baik. Agar rencana kita untuk mempromosikan website bisa tercapai sesuai dengan harapan untuk memajukan dan mengembangkan toko online.

5. PBN (Private Blog Network)

PBN (Private Blog Network)

Sebenarnya teknik SEO yang menggunakan PBN (Private Blog Network) ini benar-benar powerfull untuk bisa melibas kata kunci (keyword) populer. Asalkan kita mengetahui caranya, maka halaman produk dengan kata kunci yang berat sekalipun mungkin saja akan sangat mudah masuk ke halaman pertama. Namun, jika kita belum tahu cara memanipulasi dengan baik maka sebaiknya kita jangan menggunakan teknik ini. Karena jika kita melakukan kesalahan dalam melaksanakan prakteknya maka website kita lah yang akan menjadi taruhannya.

Untuk para pemilik website toko online yang memiliki dana yang terbatas sangat bisa melakukan cara-cara strategi optimasi SEO offpage diatas yang terbilang tidak terlalu memakan banyak biaya dan memiliki banyak keuntungan untuk kita sebagai pemilik.

Sedangkan bagi para pemilik website toko online bisa melakukan banyak cara untuk melakukan optimasi SEO offpage dengan dana yang dimiliki, sehingga bisa memiliki kesempatan yang lebih luas untuk bisa mengembangkan website toko onlinenya agar semakin maju dan berkembang secara pesat.

Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on email

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Basket

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan update & exclusive konten langsung ke email Anda.

SUBSCRIBE 
Your information will never be shared
close-link

Dapatkan strategi bisnis & marketing untuk meningkatkan penjualan Anda.

Masukan Nama dan Email untuk terus mendapatkan update artikel terbaru.
DAFTAR SEKARANG
Terms and Conditions apply
close-link
Click Me