kelemahan toko online

Kelemahan Toko Online Yang Perlu Anda Ketahui!

Modal untuk membuat 1 buah toko online tidaklah terlalu besar, biasanya untuk membuat toko online hanya diperlukan biaya dengan kisaran 500ribu sampai 1jt saja per tahunnya untuk menyewa sebuah domain dan hosting.

Untuk memulai, tidak harus memproduksi barang-barang buatan atau produksi sendiri karena produk orang lain pun bisa dengan mudah dijual, contohnya toko online aksesories dengan sistem dropship di mana penjual bisa menjadi reseller.

Target pasar bisa menjadi jauh lebih luas dan dalam menjalankan sebuah bisnis online juga tidak harus terikat oleh tempat dan waktu, dengan toko online Anda dapat jalankan kapan pun Anda mau, dan di manapun Anda berada.

Transaksi penjualan bisa dimonitor dengan baik, apalagi sekarang sudah ada aplikasi Invent yang bisa dimanfaatkan untuk megelola data penjualan serta lebih mudah dalam membuat dan menyusun laporan keuangan pada sebuah toko online.

Namun ada beberapa kelemahan dari sebuah toko berbasis online yang dipandang oleh para pembeli, seperti di bawah ini:

– Barang kadang sampainya lama, apalagi kalau mengikuti sistem PO atau Pre-Order.
Rawan sekali akan penipuan karena tidak semua bisnis online terpercaya.

– Diperlukan pengecekan lebih teliti untuk bisa melihat apakah si penjual bertanggung jawab atau sekadar bermain-main alias menipu.

– Tidak bisa mengecek keaslian dan kondisi barang yang asli.

Karena saking banyaknya toko-toko online yang ada di Indonesia, maka jangan heran kalau produk yang sama dengan yang sudah ada, tentu akan sulit bersaing. Jika ditambah dengan harga yang kemahalan, maka akan sulit untuk bisa mendapat banyak pelanggan.

Ada beberapa keuntungan juga bagi para pembeli dengan adanya berbagai toko atau bisnis online dengan produk yang mereka sukai, tentu akan menjadi satu hal yang menguntungkan.

Pembeli lebih gampang berbelanja karena akses website toko online Anda yang mudah dioperasikan dan responsive.

Lebih banyaknya pilihan produk atau barang yang Anda jual, dengan demikian mudah dicari oleh calon pembeli.

Di toko online Anda, pembeli dapat melakukan perbandingan harga dan spesifikasi antara 1 produk dengan produk lainnya.

Harga barang yang ditawarkan toko online biasanya jauh lebih murah dari yang bisa kita dapatkan di mall.

Tentunya pada setiap bisnis apapun selalu ada sisi kelemahannya dan sudah menjadi tugas bagi setiap pelaku bisnis untuk memperbaiki titik kelemahan yang ada. Jika Anda sudah memiliki sebuah toko online dan ingin mendapatkan hasil maksimal dengan cara melakukan strategi marketing dan optimasi, silahkan pelajari 5 formula toko online yang dapat Anda download ebooknya disini (GRATIS!).

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *